Mohon tunggu...
Darren kurniawan
Darren kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang ingin mencoba untuk membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

Diary

Dua Sisi Kehidupan

18 Maret 2024   22:15 Diperbarui: 19 Maret 2024   12:25 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Ilustrasi keadaan tempat bimbel, Unsplash)

Pernahkah kalian berpikir untuk memiliki dua kehidupan, seperti saya yang menjadi mahasiswa dan menjadi guru bimbel. Memiliki pekerjaan sambil kuliah adalah hal yang keren, akan tetapi melakukan dua kehidupan sekaligus bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa tingkat awal. Banyak suka dan duka yang saya dapatkan selama menjalani dua kehidupan ini, akan tetapi saya sangat senang menjalani dua kehidupan ini. Di sini saya akan bercerita tentang kehidupan saya sebagai mahasiswa dan guru bimbel. 

Mahasiswa adalah tingkat terakhir dalam tahap pendidikan untuk mencapai keberhasilan membutuhkan waktu serta pengetahuan yang cukup mendalam. Hal ini membutuhkan pengeluaran uang yang tidak sedikit, maka dari itu banyak mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah. Melakukan kedua kegiatan tersebut bukanlah hal yang mudah dikarenakan tugas yang banyak dari kampus serta tekanan dari pekerjaan. Tapi dengan bekerja sambil kuliah, berdasarkan pengalaman pribadi saya. 

Saya mendapatkan uang jajan yang bisa dibilang banyak untuk tingkat mahasiswa. Tentunya dengan bekerja sambil kuliah mendapatkan pengalaman yang dapat kita tulis di CV. Sebagai guru bimbel yang mengajar murid SMP, saya dapat mengetahui cara bergaul anak jaman sekarang dan tentunya saya mendapatkan relasi dengan murid saya, orang tua murid, dan juga guru bimbel lainnya. 

Memiliki relasi yang baik dengan orang tua murid juga menguntungkan saya pribadi, mereka sering memberikan saya nasi goreng karena saya membimbing anak mereka sampai mendapatkan nilai lebih dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), sungguh sebuah keuntungan saya menjadi guru bimbel yang baik.

Banyak mahasiswa berpikir bahwa bekerja sambil kuliah adalah hal yang "menyenangkan" karena mendapatkan uang jajan yang banyak dari gaji yang diperoleh, akan tetapi bekerja sambil kuliah tidak semudah yang dikira. Banyak hal yang perlu korbankan saat kalian memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, seperti kalian tidak bisa kumpul bersama dengan teman dan keluarga kalian karena dari senin sampai jumat setelah pulang kampus kalian harus langsung ke tempat kalian bekerja bahkan bisa pulang hingga larut malam, terkadang tugas kalian bisa terbengkalai karena tekanan dari pekerjaan serta waktu lembur yang tidak bisa diprediksi, dan yang pasti tenaga kalian terkuras habis karena melakukan dua kehidupan tersebut.

Selama menjalani dua kehidupan saya, saya mengalami kesulitan di ujian-ujian saya karena murid-murid saya juga bersamaan menjalani ujian sehingga tidak ada waktu lagi untuk saya belajar di rumah. Ketika sampai di rumah, hanya dua hal yang ada di pikiran yaitu istirahat dan tidur.

Namun ini adalah kehidupan yang saya pilih dan saya menjalaninya dengan ikhlas, sehingga saya tidak memiliki beban dan sangat menikmati kehidupan yang saya pilih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun