Mohon tunggu...
Darno Latif
Darno Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca itu bukan hobi tapi kebutuhan pokok

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Merdeka Belajar

9 Maret 2023   10:19 Diperbarui: 23 Maret 2023   03:07 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Merdeka, Kini aku merdeka, merdeka dari penjajahan tugas-tugas sekolah yang membebani, kadang tak ada manfaatnya. Kini aku merdeka, merdeka dari  cara belajar yang kaku.

Aku merdeka, merdeka dari tugas-tugas mata pelajaran yang tidak menyenangkan. Merdeka dari hasil belajar yang tak sepenuhnya menggambarkan kemampuanku.

Aku merdeka, merdeka berarti  tak terikat lagi oleh aturan yang memenjarakan kreativitas. Kini aku dapat membuat hal-hal yang baru sesuai dengan kebutuhanku. Kini aku bebas berinovasi sesuai dengan keinginanku.

Aku merdeka, merdeka dari kertas-kertas tugas yang selalu berakhir di tempat sampah. Kini aku bisa mendaurnya menjadi berharga. Aku belajar dengan cara berbeda, berbeda sesuai kodrat zaman dan alamku.

Aku merdeka, karena tidak ada lagi rasa takut nilai rendah, rasa takut dari ancaman tidak lulus dan anggapan buruk lainnya. Aku merdeka karena diajari dengan penuh kasih sayang. Seakan berada di pangkuan ibu di masa kecilku.

Aku merdeka, merdeka dari angka-angka yang bukanlah segalanya. Keunikan itu ada pada masing-masing anak. Ketahuilah! bahwa  kecerdasan emosional dan spiritual adalah hal yang penting di zamanku.

Aku merdeka, merdeka berarti jalan menuju pintu kesuksesan. Aku dapat mengejar mimpi-mimpiku yang dulu hilang. Merdeka, karena aku merasa aman, nyaman dan bahagia belajar di sekolah. Mari wujudkan merdeka belajar, majulah Indonesiaku.

 

Morotai, 09 Maret 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun