Mohon tunggu...
Darmawan Saputra Setiawan
Darmawan Saputra Setiawan Mohon Tunggu... -

Saya adalah seorang karyawan Swasta di salah satu perusahaan batubara

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Sebulan Lagi Meninggal

3 November 2014   07:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:49 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membaca judulnya kira-kira apa yang terlintas di benak anda? Sedih, takut, bingung, marah, atau tertawa karena judulnya aneh atau ngaco,, ada beberapa opini dari beberapa pekerja tambang yang pernah saya tanya hal ini.

 
“Mas,, kalau kamu tahu sebulan lagi kamu mati pas lagi kerja karena kecelakaan, apa yang akan kamu lakukan?” Pertanyaan saya kepada para operator yang saya temui saat inspeksi.
 
“Saya ingin beribadah sepuasnya pak, mendekatkan diri ke Tuhan dan menjaga keluarga saya” jawaban Operator A.
 
“saya ingin bekerja dengan benar, mengikuti prosedur yang ada agar tidak terjadi kecelakaan Pak” jawaban operator B.
 
“Saya ingin mengoperasikan unit dengan hati-hati, jaga jarak, mengikuti rambu-rambu yang ada Pak” jawab Operator C.
 
Kembali saya bertanya “ Mas,,pernah disosialisasikan insiden fatal yang pernah terjadi di site kita?”, “ada yang meninggal terlindas truk, ada yang tiba-tiba jatuh saat sedang ngobrol dengan temannya dan kemudian meninggal dengan indikasi jantung, dan lain-lain”, “kira-kira mereka tahu tidak kapan mereka akan mati?”. “kira-kira mereka sempat melakukan hal hal baik sebelum mereka pergi meninggalkan orang-orang terkasih”.
 
“Tidak Pak,,” jawab mereka.
 
Benar,,kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan meninggal, lalu mengapa tidak kita lakukan hal-hal baik tadi sekarang, tidak perlu menunggu diakhir hayat kita. Selagi kita masih diberi kesempatan oleh yang Maha Kuasa. Kita hanya perlu kemauan untuk tidak menunda-nunda hal baik, termasuk memberikan pelukan dan ciuman bagi keluarga dan orang terkasih kita.
 
Jangan membaca aja, sekarang giliranmu jawab pertanyaan seperti diatas,,”Kamu,,, iya kamu,, iya kamu yang lagi baca artikel ini”.
 
Setelah dibaca,,coba kita renungkan,,ini tidak hanya untuk para pekerja. Hal ini bisa kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari,,mungkin ini dapat mengubah kehidupanmu…
 
Jabat erat
Darmawan Saputrahttp://www.darmawansaputra.com

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun