Oleh : NI PUTU TRANA CANDANI, MAHASISWA AKUNTANSI, FEB, UNIVERSITAS MAHARASASWATIÂ
DENPASAR Seiring berjalannya waktu, dunia sekarang banyak perubahan. Terlebih pada jaman sekarang, bahwa teknologi dan komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan sekarang.Â
Adanya internet juga berpengaruh besar atas perubahan yang terjadi baik secara langsung atau pun tidak langsung. Tingkatan kehidupan manusia semakin tinggi sehingga tuntunan untuk bisa bekerja kapan pun dan dimana pun menjadi semakin tinggi. Di Indonesia , usaha kecil menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional.Â
Oleh sebab itu, agar mampu bersaing dan tetap relevan dengan perubahan tersebut, maka UKM didorong untuk tidak ragu memanfaatkan teknologi. Bisnis sebuah hal yang menjadi impian banyak orang.Â
Dengan berbisnis kita akan menjadi bos dari diri kita sendiri. Tetapi berbisnis pun tidak semudah yang dipikirkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi, juga mempengaruhi pada jenis bisnis.Â
Dulu untuk membuka bisnis, kita harus memiliki sebuah toko atau barang. Orang-orang pun harus mengunjungi toko kita langsung. Tapi sekarang, tanpa memiliki toko pun anda sudah bisa membuka sebuah bisnis dan pembelinya bisa dari seluruh dunia.Â
Toko online dan toko offline menjadi sebuah persaingan diera digital seperti saat ini. Sebenarnya keuntungan punya toko online memang lebih banyak dibandingkan toko offline.Â
Untuk toko online tentu kita tidak perlu sewa tempat, walaupun kita di rumah saja sudah bisa membuka bisnis online. Kita hanya perlu gadget, jaringan internet dan platform untuk jualan.Â
Maka sudah bisa langsung membuka bisnis onlie. Sedangkan toko offline, kita harus memiliki toko atau sewa tempat untuk jualan. Berarti modal yang harus kita butuhkan pun semakin banyak. Inilah yang menjadi keuntungan dari toko online, modal sedikit dan tak perlu memiliki toko untuk jualan. Keuntungan memiliki toko online adalah jaringan pasar yang lebih luas, kita bisa menjangkau sampai seluruh dunia.Â
Sedangkan toko offline hanya di tempat tertentu saja. Kondisi saat ini merupakan kesempatan untuk dimanfaatkan oleh para penggiat teknologi yang turut serta membantu para pelaku UKM mengadaptasi layanan berbasis teknologi untuk menjalankan pemasaran secara online, sehingga dari hal ini bisa menciptakan ragam peluang baru yang menguntungkan.Â
Sebagai salah satu contoh nya, jika pelaku usaha memiliki usaha makanan yang enak, dan penggemarnya banyak, mereka bisa menjualnya secara online untuk menjaring lebih banyak pelanggan seperti contohnya dengan memanfaatkan banyak layanan social media untuk memprosikan nya yaitu : facebook, instagram, whatsapp, twitter, line, dll.Â