Kepuasan Pelanggan dapat Dicapai Dengan Peningkatan Kualitas dari LayananÂ
Kualitas layanan merupakan suatu bentuk dari kesesuaian antara harapan dari pelanggan terhadap suatu layanan yang diberikan oleh layanan tersebut. Bisnis yang memiliki layanan dengan kualitas yang tinggi akan membuat pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan ketika menggunakan layanan yang disediakan oleh sebuah bisnis. Peningkatan dari hal ini akan membantu untuk meningkatkan daya saing antara satu produk dengan produk lainnya. Termasuk pada produk yang menyediakan jasa kepada pelanggan.
Biasanya, pelanggan telah membentuk harapan terhadap sebuah jasa layanan yang berasal dari pengalaman pribadi, ataupun informasi yang didapat melalui iklan ataupun dari media sosial lainnya. Contohnya, pelanggan sebuah jasa layanan untuk memperbaiki AC akan mencari informasi mengenai jasa servis AC yang terbaik dan sudah dipercaya oleh banyak orang. Selanjutnya setelah mencari informasi, maka pelanggan akan memiliki gambaran mengenai bagaimana kualitas layanan dari jasa servis AC yang akan dia pesan.
Tugas dari pemilik bisnis adalah memberikan layanan jasa secara maksimal dan dapat sesuai dengan ekspektasi dari pelanggan. Contohnya pada bisnis servis AC, maka pebisnis akan bekerjasama dengan vendir yang terlatih dan bersertifikat. Sehingga kualitas layanan yang diberikan akan membuat pelanggan selalu memilih layanan yang telah disediakan oleh pebisnis. Dengan kata lain hal ini akan membuat bisnis akan semakin berkembang.
Bahkan beberapa ahli juga melakukan penelitian dan pengembangan ilmu mengenai hal ini. Penelitian dilakukan untuk mencari hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa kualitas dari suatu layanan berbanding lurus dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling utama dalam sebuah bisnis.
Cara menyetarakan Harga Layanan Produk dengan Kualitas LayananÂ
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pebisnis sebagai upaya untuk menyetarakan harga layanan dengan kualitas layanan. Karena apabila kualitas dari layanan yang diberikan tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan, maka akan menjadikan pelanggan menjadi ragu untuk memilih layanan jasa yang kita tawarkan. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan pebisnis:
- Membuat perencanaan dari layanan dengan baik
Perencanaan merupakan hal yang paling krusial dalam membangun sebuah bisnis. Perencanaan yang dilakukan dapat berupa jumlah tenaga kerja, jenis layanan yang akan diberikan, kualitas yang akan diberikan pada layanan, harga dari layanan yang akan diberikan kepada pelanggan serta jenis pasar yang akan dipilih.
- Menyediakan layanan produk dengan kualitas yang bagus
Selanjutnya hal yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis adalah menyediakan layanan dengan kualitas yang bagus. Kualitas layanan yang bagus dapat berupa penyediaan layanan yang tepat waktu, memberikan garansi kepada pelanggan serta layanan yang diberikan telah melalui uji coba sehingga layanan yang diberikan sudah memiliki kualitas yang bagus.
- Menetapkan harga setelah melakukan riset yang mendalam
Dalam menentukan harga, maka pebisnis harus melakukan riset atau pencarian informasi secara mendalam. Kita harus mempertimbangkan semua biaya yang dibutuhkan sebagai modal untuk memberikan layanan. Selanjutnya harga juga disesuaikan dengan kualitas dari layanan yang kita berikan.Â
Apabila kualitas dari layanan kita tidak disesesuaikan dengan harga dari layanan, maka akan memberikan dampak kepada bisnis kita. Contohnya apabila harga yang ditentukan lebih rendah dari pada modal yang digunakan untuk beroperasi, maka pebisnis akan mengalami kerugian. Sebaliknya, apabila harga yang ditetapkan lebih tinggi dari kualitas layanan, maka ini akan membuat pelanggan berpikir dua kali untuk memilih layanan yang kita miliki.
sumber: www.halojasa.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H