Mohon tunggu...
irsyadul albaab
irsyadul albaab Mohon Tunggu... -

hilangkan keakuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sabtho

31 Oktober 2012   05:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:10 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR DAN SARANA PRASARANA SANTRI SANTRIWATI

PONDOK PESANTREN SABILITH THOHIRIN

GOTAK KLOROGAN GEGER MADIUN JAWA TIMUR

(TAHUN 2011)


PONDOK PESANTREN SABILITH THOHIRIN GOTAK

Alamat: Jl. Masjid Darush Sholihin No. 216 Gotak,

Klorogan, Geger, Madiun, Jawa Timur 63171

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR

PONDOK PESANTREN SABILITH THOHIRIN GOTAK KLOROGAN MADIUN JAWA TIMUR

A.PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan wahana pembentukan karakter umat. Umat sendiri bertindak sebagai pengendali dan penyebab terjadinya kondisi terjadinya tata kehidupan. Oleh karena itu keberhasilan atau kegagalan kondisi kehidupan merupakan cermin dari hasil pendidikan yang ada. Keberhasilan pembangunan suatu negara akan ditentukan oleh keberhasilan pembanguna sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan modal utama yang mampu melaksanakan pembangunan, mengumpulkan dan mengelola sumber daya alam. Negara yang miskinnamun memiliki sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu meningkatkan kesejahteraannya. Sebaliknya negara yang kaya seperti Indonesia akan tetap terpuruk manakala kualitas sumber daya manusianya masih rendah. Karena itu pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus pembangunan bangsa.

Akibat krisis yang terjadi menyebabkan banyaknya anak yang putus sekolah maupun yang tidak melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Hal ini akan mengakibatkan stagnasi kemampuan sumber daya manusia generasi muda. Padahal generasi muda merupakan generasi yang akan melanjutkan pembangunan.

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang mendidik para generasi muda bangsa dengan nilai-nilai Agama, nilai-nilai norma dan nilai-nilai umum yang bersifat Global. Agar nantinya mereka siap terjun ke masyarakat sebagai munjirul qoum dan siap menghadapi berbagai macam tantangan Global.

Pondok Pesantren Sabilith Thohirin merupakan salah satu lembaga pendidikan dari sekian banyak lembaga pendidikan yang ada serta menggunakan sistem pendidikan model pesantren. Di dalamnya para anak didik ( santriwan – santriwati ) diajarkan dan dididik tidak hanya pengetahuan Agama, tapi mereka dididik dengan pengetahuan umum. Artinya, Pondok Pesantren Sabilith Thohirin mendidik dan mengajar serta membekali para santriwan dan santriwatinya pengetahuan agama tanpa mengesampingkan pengetahuan umum. Dengan demikian, Pondok Pesantren Sabilith Thohirin tidak memilah milah antara pengetahuan Agama dengan pengetahuan umum.

Para santriwan santriwati Pondok Pesantren Sabilith Thohirin dalam belajar dan menimba ilmu mereka tinggal didalam pesantren. Mereka bertempat tinggal serta melakukan aktifitas sehari hari seperti, sholat, mengaji belajar, makan, tidur dan aktifitas didalamnya bersama para pengurus Pondok Pesantren. Sehingga, para pengurus dan pengasuh Pondok Pesantren dapat langsung mengontrol semua kegiatan santriwan dan santriwati dalam kesehariannya.

Dengan semakin bertambahnya santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren, kami mengalami kerterbatasan ruang untuk belajar mengajar sehingga kegiatan belajar kurang maksimal, dengan artian sempit dan ini merupakan kekurangan yang dirasakan oleh pengasuh serta pengurus Pondok Pesantren Sabilith Thohirin.

Oleh karena itu, kami selaku pengasuh dan pengurus Pondok Pesantren Sabilith Thohirin memohon dan mengharap bantuan serta dukungan dari pihak terkait Berapa materiil (dana ) dalam pengadaan sarana dan prasarana. Dalam hal ini kami membutuhkan bantuan dana dalam pembangunan sarana dan prasarana untu merealisasikan kegiatan transferisasi ilmu kepada mereka yang menjadi Santriwan Santriwati Pondok Pesantren Sabilith thohirin. Sekaligus sebagai persiapan jangka panjang Pondok Pesantren Sabilith Thohirin yang diprediksikan jumlah Santriwan dan Santriwati akan bertambah ditahun tahun berikutnya. Maka kami sampaikan Proposal ini agar dapat menjadi perhatian kepada semua pihak yang terkait.

B.LANDASAN PEMIKIRAN

Dilandasi oleh:

1.Pesan yang tersirat dalam firman Allah, “...Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama... (AL Qur-‘an, 9:122), juga teks teks hadits Nabi yang mewajibkan / menganjurkan pencarian ilmu ilmu keagamaan sebagai perintah Agama.

2.Demi keberlanjutan dan keberlangsungan kegiatan ilmiah dan amaliah yang telah dirintis oleh pendiri dan para pendahulu PonPes Sabilith Thohirin Gotak ini, (mulai dari syeikh Muhammad Thohir sebagai pendiri ( mulai tahun +- 1830an M), Kiai Dahlan, Kiai M.Na’im, Kiai Thohir Tsani, Kiai Muhsin, Syeikh Mudatssir Na’im, Kiai Hasan Bisri, Kiai Ridwan Ghazali, dan Kiai Achmad Dardiri)

3.Keprihatinan yang sungguh sungguh akan krisis dalam masyarakat kita dari segi aqidah,’amaliah, dan akhlaqiah, sehingga membutuhkan penyegaran dalam aspek aspek tersebut.

4.Keniscayaan sarana dan prasarana (infrastruktur) bagi terlaksananya seluruh kegiatan ilmiah dan amaliah di pesantren ini, seperti yang disemangati oleh kaidah ushuliah al-amr bi al-syay’ amr bi wasailih (perintah akan sesuatu berarti juga perintah akan sarana-sarananya).

C.VISI, MISI, DAN TUJUAN PONDOK PESANTREN SABILITH THOHIRIN GOTAK

1.Visi Pondok Pesantren Sabilith Thohirin

Pusat atau marja’ pengkajian ilmu keislaman dan tempat penggemblengan (Gotak = nggon nyitak) santri generasi pewaris tradisi ilmiah dan ’amaliah para salaf shalihin untuk kemaslahatan umat manusia.

2.Misi Pondok Pesantren SabilithThohirin

Menyelenggarakan dan melaksanakan:

A.Pembimbingan santri dalam pengkajian dimensi dimensi ajaran islam yang menyeluruh secara utuh

B.Kaderisasi santri pewaris tradisi ilmiah dan ‘amaliah para salaf shalihin.

C.Pendidikan khas sistem kepesantrenan berupa; Pendidikan Al-qur’an, Madrasah diniyah, pengajian kitab kitab turrats dan kontemporer, takhasshus, majlis taklim, muhadharah, takrar, ijazah, serta riyadhah dan mujahadah.

D.Menjalin silaturahmi dengan Alumni dan pondok pesantren yanglain serta masyarakat yang seluas luasnya.

3.Tujuan pondok pesantren Sabilith Thohirin

A.Ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.

B.Sebagai media dakwah islamiyah

C.Sebagai pusat pengkaderan santri pewaris tradisi salafus shalih

D.Menyiapkan generasi yang siap dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat

E.Menyediakan pendidikan gratis bagi keluarga yang kurang mampu

F.Memelihara tradisi para Ulama Ulama terdahulu dan mengambil pendapat – pendapat kontemporer masa kini demi kemajuan bersama

D.PROFIL, DAN RUANG LINGKUP PONDOK PESANTREN SABILITH THOHIRIN GOTAK

1. Kelembagaan Pondok Pesantren Sabilith Thohirin

a. Nama lembaga : Pondok Pesantren Sabilith Thohirin

b. Alamat Lembaga: Jl Masjid Gotak Klorogan Geger MadiunJawaTimur63171 Telp 081335194776

c. Tanggal, Bulan dan

Tahun berdiri : 02 – Januari – 2006 (Masa Rekonstruksi)

d. Status lembaga: Swasta ( di bawah naungan yayasan )

e. Nama yayasan: Yayasan Sabilith Thohirin

f. Jenis lembaga yang berada dibawah naunganYayasan :

1. Pondok Pesantren Sabilith Thohirin

2. Taman Pendidikan Al-Qur ‘an (TPA) Sabilith Thohirin

3. Madrasah Madrasah Diniah (Madin) Sabilith Thohirin

4. Majlis Ta’lim Ihya’ ‘Ulumiddin

5. Majlis Dzikir Sholawat Ummy

g. Luas area tanah : 3500 M

h. Jumlah Guru:(data terlampir)

1. Mukim di dalam Pondok: 4 orang putra (data terlampir)

4 orang putri(data terlampir)

2. Di luar/sekitar Pondok: 4 orang putra (data terlampir)

6 orang putri (data terlampir)

i. Jumlah Santriwan Santriwati:

1. Di dalam pondok / Mukim: 6putra (data terlampir)

6Putri (data terlampir)

2. Di luar / sekitar Pondok: 18 Putra Santri Diniah + 24 santri TPA putra (data terlampir)

22 Putri santri diniah + 21 putri santriTPA (data terlampir)

2. Kegiatan pondok pesantren Sabilith Thohirin :

KegiatanPondok Pesantren Sabilit Thohirinsebagaimana terjadwal

(data terlampir)

3. Struktur Kepengurusan Pondok Pesantren Sabilith Thohirin :

Penasehat : KH. Drs. AN. Nuril Huda

KH. Gimbong Mudatsir

KH. Achmad Rodli Makmun, M.Ag

Pengasuh : Ustadz Yunan Askaruzzaman Ahmad, L.c

Ustadz Ahmad Faruq, M.Fil.I

Ketua Pondok : Muthohir Yusmin

Sekretaris:Rizki Namura

Bendahara: Ibnu Syaifuddin

Seksi pendidikan : Muhamad Makruf

Seksi Peribadatan : Yusuf Efendi

Seksi pembangunan : Mudalip

Seksi kebersihan: Miftakhul Darori

Seksi keamanan: Muhamad Alfin Alatas

E.ANGGARAN/BIAYA PEMBANGUNAN

Anggaran/biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan ruang belajar dan Sarana Prasarana bagi santriwan dan santriwati (terlampir)

F.RENCANA/BENTUK BANGUNAN RUANG BELAJAR

Rencana bentuk/model bangunan ruang belajar dan Sarana Prasarana santri dan santriwati (terlampir).

G.PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat sebagai kejelasan dalam proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Ruang Belajar Santri-Santriwati Pondok Pesantren Sabilith Thohirin tahun 2011 dengan harapan mendapat dukungan dan partisipasi dari semua pihak terkait. Atas perhatian dan kerja samanya yang baik disampaikan terimakasih.

Madiun, 19 April 2011

Pengasuh PP Sabilith ThohirinSekretaris

Ust. Yunan Askaruzzaman Ahmad, LcRizki Namura

Penasehat

KH. Drs. AN. Nuril Huda

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun