Pemasaran merupakan kegiatan penting dalam dunia bisnis. Pemasaran memainkan peran penting dalam menginformasikan dan mengomunikasikan barang dan jasa yang diproduksi suatu bisnis kepada konsumen. Pemasaran melibatkan berbagai kegiatan dan merupakan proses di mana bisnis dan individu memperoleh apa yang mereka butuhkan atau inginkan melalui interaksi dengan pihak lain. Namun, seiring berkembangnya zaman, pemasaran juga perlu mengubah pola dan taktik pemasaran untuk mengikuti perkembangan zaman salah satunya adalah penggunaan teknologi pemasaran digital untuk melengkapi strategi pemasaran tradisional yang ada melalui layanan media digital, segala upaya untuk menjual produk atau layanan melalui internet yang tidak hanya tentang peningkatan penjualan, tetapi juga tentang mempromosikan produk dan layanan baru, pencitraan merek, dan membangun hubungan pelanggan untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan sasaran dengan cara yang efisien.
E-commerce adalah aktivitas penggunaan pemasaran digital, informasi, dan teknologi  komunikasi  dalam transaksi bisnis untuk membangun, mengubah, dan mendefinisikan ulang hubungan antara pembeli dan penjual. Penyebaran sistem perdagangan elektronik melalui e-commerce memiliki potensi besar untuk melampaui pasar saat ini. E-commerce adalah proses yang terjadi ketika seorang individu atau sekelompok individu berinteraksi melalui sistem elektronik untuk membeli dan menjual barang dan jasa. Kemudahan penjualan barang dalam jumlah besar melalui sistem e-commerce sangat menguntungkan bagi pelaku ekonomi dan tidak diragukan lagi akan berdampak pada profitabilitas bisnis untuk menjual barang dalam jumlah besar melalui sistem e-commerce. Contoh e-commerce yang sering digunakan masyarakat medern saat ini meliputi, shopee, tokopedia, lazada, tiktok shop, dan pemasaran digital lainnya.
Salah satu bisnis yang menerapkan pemasaran digital yakni Sakha Butik dan Batik yang ada di Kabupaten Ponorogo. Sakha Butik dan Batik adalah usaha yang bergerak di bidang fashion terkhususnya fashion batik dan juga penyedia jasa jahit yang menerima pesanan secara individu maupun kelompok. Mempunyai suatu usaha tidak terlepas tentang bagaimana cara memasarkan produknya untuk dikenal kepada masyarakat.
Menurut wawancara langsung dengan pemilik Sakha Butik dan Batik Bapak Widodo : "awal mula pemasarannya dari mulut ke mulut, ketika ada seseorang membeli batik atau menjahitkan baju kemudian mengajak teman-temanya yang lain disitu lama-kelamaan Sakha Butik dan Batik ini dikenal oleh masyarakat, mulai dari situlah akhirnya menyediakan media sosial untuk berupa instagram atau whatsapp untuk lebih dikenal masyarakat dari berbagai macam daerah dan memudahkan customer untuk membeli melalui by phone tanpa datang langsung ke toko. Pernah mencoba memasarkan melalui e-commerce yakni shopee tapi gagal karena pada saat itu customer Sakha Butik dan Batik ini cenderung orang dewasa, sedangkan penggunaan e-commerce cenderung anak muda. Seiring berjaannya waktu customer dari Sakha Butik dan Batik tidak hanya orang dewasa saja tetapi sudah merambah ke fashion anak muda, contohnya ada dari kakang senduk Ponorogo dan juga brand ambassador dari "Asli Ponorogo", nah mulai dari situ pada tahun 2025 ini awal blan januari Sakha Butik dan Batik mulai menggunakan e-commerce yaitu tiktok shop".
TikTok Shop adalah fitur di aplikasi TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk menjual dan mempromosikan produk usahanya. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. Tidak hanya itu aplikasi TikTok juga menyediakan fitu TikTok Live yang dapat digunakan para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya yang bisa berinteraksi langsung dengan penonton secara real time.
Bapak Widodo juga menjelaskan bahwa :Â "pemasaran di TikTok Shop belum terasa karena mungkin dari segi waktu yang belum lama karena dmulai pada tahun ini. Tapi Alhamdulillah nya pemesanan melalui TikTop Shop ini sudah ada meskipun masih satu pemesanan, kita juga tetap berusaha untuk semakin mengembangkan TikTok Shop ini dengan cara mempromosikan produk Sakha Batik dan Butik ini melalui TikTok Live secara berkala yaitu sehari 2 kali yaitu pukul 16.00 -- 18.00 untuk yang pertama dan yang kedua yaitu pukul 21.00 -- 00.00. disamping itu juga mempersiapkan segala hal, yaitu kemarin sudah membuka lowongan pekerjaan untuk penjaga toko, bagian produksi dan juga team packing sudah siap (tidak kelabakan) jika nanti sudah banjir orderan dari TikTop Shop ini, karena Sakha Butik dan Batik ini masih melayani pembelian offline yang juga semakin banyak".
Beliau juga menjelaskan bahwa dampaknya akan terasa setelah 6 bulan TikTok Shop ini berjalan, beliau juga menjelaskan bahwa nantinya juga akan menggunakan shopee jika pembelian secacar online ini semakin berkembang.
Dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital melalui e-commerce ini sangat penting untuk mengenalkan produk scara lebih luas kepada masyarakat sehingga dapat menarik customer lebih banyak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H