Kuliah Kerja Praktek (KKP) adalah salah satu bentuk kegiatan akademik yang umum ditemui di perguruan tinggi, khususnya di Indonesia. KKP merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa sesuai dengan bidang studinya. Secara umum, kuliah kerja praktek dirancang untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi kerja nyata di lapangan.
Dikesempatan KP kali ini, Mahasiswa dari Universitas Pamulang telah berhasil mengembangkan sistem penggajian berbasis web untuk PT Acasta Live Entertainment. Proyek ini merupakan bagian dari Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang dijalani oleh mahasiswa tersebut, yang bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam konteks nyata di dunia kerja.Â
Dalam periode KKP yang berlangsung selama dua bulan, mahasiswa tersebut, yang diidentifikasi sebagai Dante Frits dari Program Studi Teknik Inf, dibimbing oleh dosen pembimbing dari Universitas Pamulang, Bpk. Hardiansyah, S.Kom, M.M., M.Kom , dan juga mendapat bimbingan langsung dari pembimbing lapangan di PT Acasta Live Entertainment.
Acasta Live Entertainment itu sendiri adalah sebuah agensi yang bertujuan untuk menghadapi babak baru pada era digital. Berfokus pada pengembangan konten digital yang terbagi menjadi beberapa bidang baik hiburan, sosial, budaya maupun dunia pendidikan. Acasta Live Entertainment akan terus memaksimalkan kualitas manajemen, talent serta konten yang akan dipublikasikan.
Visi dari Acasta Live Entertainment adalah "Membuat konten interaktif dan komunikatif tidak hanya sebagai hiburan semata namun juga dalam hal edukasi" sedangkan Misinya "Membangun dan meningkatkan hubungan relasi antara talent dan viewer dengan mengoptimalkan berbagai promosi di berbagai platform media offline atau online".
Sistem penggajian berbasis web yang dikembangkan oleh mahasiswa ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data kepegawaian dan penggajian di perusahaan tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi terkini dan best practice dalam pengembangan perangkat lunak, mahasiswa berhasil menciptakan sebuah platform yang tidak hanya mengotomatisasi proses penggajian, tetapi juga mempermudah akses dan pengelolaan data terkait karyawan. Dengan demikian, proyek KKP di PT Acasta Live Entertainment ini bukan hanya suatu keberhasilan pribadi, tetapi juga merupakan contoh nyata dari bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dapat menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi semua pihak terlibat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H