Mohon tunggu...
Daniel Setiawan
Daniel Setiawan Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang karyawan swasta

Segala Sesuatu Ada Masanya, Ikhlas dalam Menjalaninya disertai dengan Pengucapan Syukur.\r\n

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kalau Kesempurnaan Ada pada Vario 150 eSP, Kenapa Harus Pilih yang Lain?

14 April 2016   07:48 Diperbarui: 14 April 2016   14:57 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ride The Perpection / hondacengkareng.com"][/caption]Menentukan sebuah pilihan yang tepat dan sesuai dengan keinginan kita dalam memilih produk sepeda motor tidaklah segampang apa yang kita bayangkan. Banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Selain harga, tentu kita harus mempertimbangkan teknologi yang dipergunakan, begitu juga dengan desain dari sepeda motor tersebut. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sepeda motor juga dituntut mempergunakan tekologi yang lebih mutahir dan bukan teknologi yang biasa-biasa saja atau yang sudah ketinggalan jaman. 

Sepeda motor yang menggunakan karburator tentu sekarang sudah ditinggalkan oleh konsumennya, karena pemakaian karburator sangat tidak efisien dalam pemakaian bahan bakar dan juga sangat tidak baik buat lingkungan sekitar. Untuk menghemat pemakaian bahan bakar, teknologi sepeda motor sekarang sudah menggunakan sistem injeksi, dengan sistem ini akan terjadi pencampuran bahan bakar dengan udara sebelum terjadi pembakaran dengan demikian dapat meningkatkan tenaga mesin dibandingkan dengan menggunakan sistem karburator.

Selain sistem injeksi, sepeda motor Honda saat ini juga dibekali dengan sistem Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS), inilah kelebihan sepeda motor Honda dibandingkan dengan yang lainnya. Walau pun Honda telah mengembangkan teknologi ini, tidak semua jenis motor produksi Honda disematkan teknologi ini. Ada yang hanya memakai sistem injeksi saja, ada juga sistem injeksi plus CBS, dan ada juga gabungan dari ketiga sistem tersebut. Dan ingat, sistem CBS mau pun ISS hanya ada pada sepeda motor Honda dan tidak ada pada merek sepeda motor yang lain.

Honda sekarang juga mengusung konsep eSP (enhanced Smart Power), eSP itu sendiri adalah sebuah generasi terbaru mesin matik Honda yang diterapkan secara global, yang dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan tentu saja ramah lingkungan. Dan konsep ini telah diterapkan hampir pada semua sepeda motor Honda, tak terkecuali sepeda motor Honda Vario 150 eSP menjadikan Vario 150 Sempurna.

[caption caption="Berbagai feature yang ada pada Vario 150 eSP / dokpri"]

[/caption]

Vario 150 eSP ini sudah mencakup sistem injeksi, sistem CBS dan sistem ISS sekaligus. Dan bukan hanya itu saja, dengan kapasitas mesin 150CC Honda yang terpercaya, juga dilengkapi dengan ABS (Answer Back System), sistem tombol remote yang akan memudahkan ketika kita sedang mencari posisi motor kita di tempat parkir. Sistem ini sangat berguna bagi mereka yang sering lupa posisi parkir motor mereka, apalagi pada tempat parkir yang luas. Tentu dengan sistem ini kita tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk menemukan sepeda motor kita. Cukup tekan tombol remote dan kita akan segera tahu dimana posisi sepeda motor kita berada, keren khan?

Oh ya, tentu anda bertanya-tanya apa itu sistem CBS dan sistem ISS yang diterapkan Honda pada Vario 150eSP ini. Sistem CBS atau Combo Brake System adalah sebuah fitur untuk memudahkan keseimbangan pengengereman roda belakang dan depan secara bersamaan. Sehingga mengingkatkan kenyamanan dalam berkendara, lebih praktis serta lebih nyaman di semua kondisi jalan. Ketika kita menekan tuas rem belakang, maka secara otomatis rem roda depan juga akan berkerja secara bersamaan.

[caption caption="Lampu depan Vario 150 eSP yang keren / dokpri"]

[/caption]Sedangkan ISS atau Idling Stop System adalah sebuah fitur premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Mesin akan otomatis mati jika berhenti lebih dari 3 detik dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Sistem ini sangat berguna ketika kita berhenti pada saat lampu lalu-lintas bernyala merah, karena mesin sepeda motor kita akan berhenti secara otomatis, sehingga bahan bakar sepeda motor tidak terbuang percuma. Dan mesin akan kembali menyala ketika kita memutar tuas gas secara perlahan. 

Teknologi ini tentu saja sangat membantu penghematan bahan bakar sehingga pemakaian bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan. Sistem ISS ini dapat kita pergunakan atau tidak hanya dengan menekan tombol ISS yang telah disediakan. Disertai dengan desain velg casting wheel (cw) terbaru dipadu dengan ban tubeless (tubeless tire) membuat Vario 150 eSP lebih nyaman untuk dikendarai.

[caption caption="Spesifikasi Vario 150 eSP / dokpri"]

[/caption]Hal yang menarik lainnya adalah desain Vario 150 eSP yang futuristik, dengan mengusung New Dual Keen Eyes Led Headlight pada lampu depan, membuat Vario 150 eSP terlihat agresif serta pencahayaan yang lebih terang. Beberapa varian warna dari Vario 150 eSP juga menjadi pilihan bagi kita, sesuai dengan warna favorit yang kita kehendaki. 

Mau warna eklusif seperti Mattle Black, Pear Whitedan sekarang ditambah dengan varian warna eklusif baru Black Metallic, Matte Black, Matte Blue, dan Matte Blueserta ada juga warna-warna sporty seperti Titanium Black, Sonic White Blue juga ada Bionic Red yang terkesan begitu menantang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun