Mohon tunggu...
Danny Febrian
Danny Febrian Mohon Tunggu... Bankir - Corporate Communication Specialist

• Certified Public Media Relations Officer • Master degree in Corporate Communications/Public Relations. • 3 times The Best Employee (2019-2021) • Experienced corporate communication (+/- 8 years) • Skilled on content writing • Sosial media savvy

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Penting buat Corporate Communication: 5 Alasan Mengapa Meningkatkan Reputasi di Media Sosial Efektif

9 Oktober 2024   10:01 Diperbarui: 9 Oktober 2024   10:09 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital yang semakin kompleks, reputasi perusahaan kini bukan lagi sekadar aset, namun telah menjadi modal utama untuk bertahan dan berkembang. Setiap tindakan yang dilakukan, baik online maupun offline, dapat berdampak signifikan terhadap persepsi publik. Oleh karena itu, peran komunikasi korporat menjadi semakin krusial dalam membangun dan menjaga citra positif perusahaan.

Berbagai saluran komunikasi di era modern juga kini semakin masif, khususnya media sosial. Media sosial telah menjadi panggung utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen, membangun citra merek, dan mengelola reputasi. Mulai dari Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter menawarkan peluang yang tak terbatas bagi perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Menurut Katadata, total pengguna media sosial di tahun 2024 mencapai 191 juta pengguna atau 73,7% dari populasi Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu memanfaatkan media sosial secara efektif untuk membangun reputasi positif dan menghindari krisis.

Khusus bagi kamu yag berkecimpung dengan profesi corporate communication, berikut 5 alasan mengapa meningkatkan reputasi di media sosial saat ini efektif:

1. Media Sosial menjadi Barometer Sentimen Publik

Media sosial bertindak sebagai termometer yang mengukur suhu opini publik terhadap suatu merek. Sentimen positif atau negatif yang diungkapkan oleh pengguna dapat dengan cepat menyebar dan memengaruhi persepsi konsumen secara keseluruhan.

2. Akses Langsung ke Konsumen/Klien

Tidak seperti media tradisional, media sosial memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Kesempatan ini menjadi peluang emas untuk mendengarkan keluhan, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih personal.

Apalagi dengan adanya fitur monitoring interaksi dan jangkauan dan fitur pendukung lainnya, berbagai manfaat tersebut membuat kita menjadi lebih efisien dan efektif dalam mengelola reputasi serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Krisis Reputasi Menyebar Lebih Cepat di Media Sosial

Tidak seperti media cetak maupun media online yang perlu di share berkali-kali, berita buruk di media sosial itu sangat cepat menyebar, mengingat semua netizen kini bisa menjadi jurnalis dadakan. Oleh karena itu, corporate communication perlu membuat strategi terkini dalam khususnya pada aspek manajemen krisis komunikasi di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun