(Rabu, 16/08/23)
Sosialisasi pemasaran digital marketing merupakan program kerja kedua kelompok KKN kolaboratif 248. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Agustus 2023 yang berlokasi di balai Desa Karanganyar.Â
Dalam kegiatan ini dihadiri oleh bapak Sofyan selaku Sekretaris Desa, para pengrajin produk unggulan Desa Karanganyar, IPNU Desa Karanganyar, dan Yulita Putri Cahyaningtyas selaku pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini.Â
Beliau merupakan mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang memiliki banyak pengalaman di bidang digital marketing. Partisipan dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari pengrajin dan IPNU di Desa Karanganyar.
Sosialisasi ini diawali pemaparan materi antara lain definisi manfaat, tujuan, dampak, komponen digital marketing dan sosial media, cara pemasaran yang menarik di media sosial, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau diskusi dengan partisipan sosialisasi.Â
Pemateri memiliki beberapa hasil capaian berupa pembuatan katalog penjualan telur asin, kacang oven, tas anyaman melalui media sosial seperti Shopee, Instagram, Facebook, dan membuat modul digital marketing.Â
Selain itu, para pengrajin juga diberi kesempatan untuk mempromosikan tentang produk unggulan Desa Karanganyar berupa produk anyaman berupa tas belanja, keranjang sampah dan baju kotor, serta nampan makanan.Â
Salah satu bentuk luaran dari kegiatan sosialisasi ini berupa e-book terkait definisi, tujuan, manfaat digital marketing, tahapan pembuatan akun Shopee, langkah -- langkah mendaftar akun Shopee gratis ongkir, strategi berjualan di Shopee, cara promosi produk di Shopee, tips mempersiapkan konten promosi dan merancang konsep konten promosi yang menarik, serta peran generasi muda dalam bersosial media.Â
Tujuan dari pemberian e-book ini adalah untuk memberikan informasi bagi para pembaca khususnya bagi pelaku UMKM di Desa Karanganyar agar dapat berinovasi untuk melakukan penjualan dengan memanfaatkan media digital. Dengan adanya kegiatan sosialisasi pemasaran digital marketing melalui media sosial ini, diharapkan para pelaku UMKM yakni pengrajin di Desa Karanganyar dapat menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan UMKM melalui digital marketing.
Penulis: