Gresik (27/6/2022) - Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Berdasarkan hasil observasi, mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini melakukan dua topik kegiatan yaitu topik peningkatan perekonomian dengan mendampingi mitra memulai usaha baru. Terkait kegiatan UMKM yaitu mahasiswa melakukan pendampingan pembuatan produk dan digitalisasi pemasaran produk usaha baru yaitu minuman cendol candu kekinian milik Betty Rosiana. Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 30 Mei sampai 30 Juni 2022 ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan mitra yang dapat terus mengembangkan materi-materi yang diberikan oleh mahasiswa. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara berkelanjutan tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.
Di masa sekarang dengan situasi perekonomian yang sulit ditengah pandemi, banyak orang beralih profesi  sebagai penjual dikarenakan maraknya terjadi pengurangan karyawan pada sejumlah perusahaan, hal ini juga di rasakan oleh Betty Rosiana yang dimana sang suami juga terdampak pengurangan karyawan yang kemudian membuat Betty Rosiana memiliki keinginan untuk memiliki sebuah usaha guna menstabilkan perekonomian keluarga yang baik dengan modal yang minim.
Penulis berinisiasi untuk membantu mencari jalan keluar dari permasalahan yang dialami Betty Rosiana dengan memberikan ide usaha minuman kekinian yang minim modal namun hasilnya dapat mendongkrak perekonomian keluarganya. Setelah berdikusi tentang ide-ide usaha akhirnya disepakati untuk berjualan minuman cendol dengan konsep kekinian dan dikemas dengan kemasan yang menarik.
Resep pembuatan minuman di racik sedemikian rupa hingga menggasilkan rasa yang enak dan tampilan yang menarik, begitu juga dengan kemasan dan logo produk juga di desain semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian calon konsumen yang menjadi target penjualan.
Kemudian produk yang sudah jadi di pasarkan melalui media digital yang diantaranya melalui Facebook marketplace,Whatsapp group, dan juga Grabfood, hal ini ditujukan guna memangkas biaya pembuatan booth dan penyewaan ruko, dengan memasarkan produk melalui digital Betty Rosiana sebagai mitra sudah bisa memiliki usaha minuman kekinian yang di produksi di rumahnya sendiri.
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Dani Elsadai Figenius
DPL : Izzah Aula Wardah, S.ST., M.EngSc