Mohon tunggu...
Daniel RivaldoSianturi
Daniel RivaldoSianturi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Belum bekeja/Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa dengan jurusan ilmu hukum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keberagaman Budaya di Dunia Kampus

20 Desember 2023   22:02 Diperbarui: 20 Desember 2023   22:09 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai teman- teman perkenalkan nama saya Daniel Rivaldo Sianturi, berasal dari kabupaten Tangerang. Saya berkuliah di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Pada artikel kali ini, Saya akan menceritakan bagaimana sih keberagaman budaya yang saya rasakan di kampus? Saya memilki banyak sekali teman teman yang berasal dari daerah yang jauh. Ada yang dari Sumatra Barat, NTT, Maluku,dll.

Ternyata, budaya dari tiap daerah itu berbeda beda mulai dari adat istiadat, bahasa, bahkan sampai cara berbicaranya.

Contohnya saja, Saya berasal dari suku Batak, dan ketika saya berbicara cenderung memiliki suara yang lantang. Sedangkan teman saya yang dari Jawa cenderung pelan dan lembut ketika berbicara.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Keberagaman budaya menurut saya bukanlah suatu hal yang membuat perpecahan, melainkan mempersatukan kita yang masih satu Ibu Pertiwi, yaitu NKRI.

Ketika kami saling berdiskusi saat pelajaran, rasanya indah sekali melihat teman teman yang dari beda daerah memperkenalkan budayanya, dan juga apa yang menjadi ciri khas dari daerah mereka.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Saya merasa bahwa dengan adanya keberagaman budaya di dunia kampus ini, membuat kita sebagai mahasiswa menjadi cinta akan budaya Indonesia, dan saling menghargai satu sama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun