Mohon tunggu...
Daniel H.T.
Daniel H.T. Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Bukan siapa-siapa, yang hanya menyalurkan aspirasinya. Twitter @danielht2009

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sebenarnya, Roy Suryo Itu Pakar Apa Saja?

14 Mei 2012   17:35 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:17 12715
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13370167191200777583

[caption id="attachment_177128" align="aligncenter" width="512" caption="Roy Suryo datang ke Bandara Halim, Jumat, 11 Mei 2012 (Sumber: detikfoto/detik.com)"][/caption]

Ketika detik.com (detikfoto), Jumat, 11 Mei 2012, menayangkan foto anggota Komisi I DPR, Roy Suryo yang datang ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta,, ada pembaca yang menulis komentar: “Ini pesawat jatuh, Bung. Bukan video porno ...”Maksudnya, tentu sebagai suatu sindiran bahwa Roy Suryo yang katanya pakar Telematika itu selama ini dikenal seringkali memberi analisa tentang suatu video porno, apakah asli atau palsu. Setiap kali beredar sebuah video porno, -- yang terakhir April 2012 lalu yang diduga diperani oleh anggota DPR, Roy Suryo selalu hadir untuk menentukan apakah video itu asli atau palsu. Nah, sekarang ini, ada pesawat jatuh, apa urusannya, atau apa hubungannya Roy Suryo “si pakar Telematika” pesawat jatuh? Yang membuatnya datang ke Bandara Halim itu? Si Roy bukan salah bandara, seperti dia pernah salah naik pesawat.

Ternyata, ada hubungannya. Ternyata pula si Roy ini bukan hanya pakar Telematika, tetapi juga pakar soal penerbangan. Setidaknya menyangkut analisa penyebab jatuhnya pesawat.

Seolah sudah merupakan suatu tradisi atau “trade mark”-nya, dalam setiap analisanya selalu saja hal-hal menyangkut asli atau palsunya sesuatu tidak pernah absen. Demikian pula dengan kedatangannya di Bandara Halim kali ini, yang sejak Rabu, 9 Mei 2012 itu menjadi sibuk luar biasa karena ada pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh. Apakah analisa sang pakar kali ini?

Yang pasti bukan mengenai apakah peristiwa jatuhnya pesawat asal Rusia itu asli atau palsu. Tetapi yang dia analisa kali ini adalah soal foto-foto yang diberi keterangan sebagai foto-foto para korban Sukhoi Superjet 100 itu, yang beredar via BlackBerry Messenger (BBM) dan jejaring sosial.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI Daryatmo, menegaskan bahwa foto-foto tersebut palsu.Bukan foto-foto dari lokasi jatuhnya Sukhoi Superjet 100, apalagi foto para korbannya. Untuk memastikan kebenaran pernyataannya itu, kata Daryatmo, dia telah meminta bantuan jasa ahli IT, yakni Roy Suryo.

Nah, disinilah si Roy kembali menunjukkan kepakarannya dengan ciri khasnya itu, dengan sangat cepat Roy memberi kesimpulan bahwa foto-foto itu palsu. Seratus persen, semuanya palsu. Katanya, itu semua foto-foto korban kecelakaan pesawat Air India di Pakistan pada 2010.

Setelah saya mencari informasi dengan memanfaatkan Google, ternyata memang benar ada pesawat penumpang yang jatuh di Pakistan pada Juli 2010, tetapi bukan Air India, melainkan pesawat milik maskapai penerbangan swasta setempat, Airblue. Jenis pesawat itu adalah Airbus, menabrak sebuah bukit di Islamabad dalam penerbangan dari Karachi, Pakistan. Saat itu 152 penumpangnya tewas.

Sedangkan lokasi jatuhnya pesawat penumpang Air India Express bukan di Pakistan, melainkan di Kota Mangalore, di Negara Bagian Karnataka, India Selatan. Pada mei 2010, pesawat itu berangkat dari Dubai, dan jatuh di dekat bandara di Mangalore, menewaskan sedikitnya 160 orang.

Keterangan Roy bahwa semua foto itu palsu, berbeda dengan keterangan dari Kominfo, yang melalui Sekjen-nya Gatot S. Dewabroto, di Metro TV, Senin, 14 Mei 2012, mengatakan bahwa dari semua foto yang beredar itu ada satu yang benar asli, sedangkan sisanya palsu.

Apakah Roy Suryo, yang anggota DPR dari Komisi I itu benar-benar seorang yang layak disebut pakar IT, atau pakar Telematika? Dan, yang terbaru pakar penerbangan? Jujur, saya sendiri tidak tahu. Tetapi, dari membaca berbagai informasi, sepengetahuan saya mayoritas orang di media sangat meragukan kepakaran seorang Roy Suryo. Bahkan tidak sedikit pula yang menyatakan bahwa Roy sesungguhnya bukan seorang pakar, alias cuma pakar-pakaran Telematika. Dia lebih cenderung sering berupaya menonjolkan dirinya sendiri di momen-momen tertentu supaya terlihat “kepakarannya” itu. Padahal analisa-analisanya itu sering terlalu standar. Mirip dengan analisa orang awam saja.

Lepas dari benar-tidaknya penilaian tersebut, tentang ketidakbenaran foto-foto “korban jatuhnya Sukhoi Superjet 100”,yang beredar via BBM dan jejaring sosial itu, apakah memang diperlukan seorang pakar IT untuk menjelaskannya?

Sepengetahuan saya, dalam suatu kasus tertentu, suatu foto tertentu memerlukan seorang pakar untuk menganalisanya apabila foto tersebut tidak dapat dipastikan tentang di mana sebenarnya lokasi foto itu diambil, kapan pengambilan gambar tersebut, peristiwa apa yang sebenarnya terjadi yang direkam foto tersebut, dan siapa-siapa saja sebenarnya yang ada di foto itu.

Pada kasus foto-foto “korban Sukhoi Superjet 100” tersebut, bukankah semua yang disinggung di atas itu sudah jelas? Seharusnya tim SAR gabungan Marinir, dan Kopassus yang paling tahu apakah foto-foto tersebut asli atau palsu. Karena merekalah yang telah sampai di lokasi kejadian. Mereka yang satu-satunya pihak yang paling tahu bagaimana lokasi, kondisi, dan keadaan para korban tewas di sana. Merekalah yang bekerja ekstra keras di lokasi yang sangat sulit itu bolak-balik mengevakuasi korban dan benda-benad penting lainnya. Maka, seharusnya merekalah yang paling berkompeten dan yang paling layak dipercaya untuk memberi penjelasan bahwa foto-foto itu palsu, karena kondisi di lokasi tidak seperti di foto-foto itu. Bilamana perlu menunjukkan foto-foto tertentu yang pasti telah mereka ambil sebagai dokumentasi, untuk membandingkannya dengan foto-foto yang beredar di BBM dan jejaring sosial itu. Sama sekali tidak diperlukan seorang pakar IT, apalagi seorang Roy Suryo yang sama sekali tidak pernah melihat lokasi sebenarnya.

Setelah cukup menganalisa tentang palsunya foto-foto “korban Sukhoi Superjet 100” itu, Roy Suryo pun menunjukkan kepakarannya yang lain. Yakni, menganalisa tentang kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat itu. Kenapa sampai pilot kehilangan kontak dengan menawar pengawas, kenapa sampai pesawat tiba-tiba hilang dari radar, dan kenapa pula ketika pesawat sudah jatuh signal tanda bahayanya tidak berfungsi. Dari sini, saya baru tahu bahwa ternyata selain pakar Telematika, Roy Suryo juga pakar soal masalah-masalah penerbangan?

Roy Suryo membantah bahwa signal ponsel dapat membahayakan suatu penerbangan. Termasuk dalam kasus Sukhoi Superjet 100 yang menabrak Gunung Salak itu. Katanya, signal ponsel tidak punya pengaruh terhadap keselamatan penerbangan. Sedangkan, pilot senior Garuda Jeffrey Adrian malah mengatakan sebaliknya. Di Jawa Pos, Senin, 14/05/2012, Jeffrey mengatakan bahwa selain gelombang radio-radio liar, percakapan via ponsel pun sering bocor nyelonong masuk ke alat komunikasi pilot. Yang paling mengerikan, kata Jeffrey, pengalamannya beberapakali mengalami kehilangan signal sama sekali alias blind spot ketika sedang membawa pesawat.

Karena itu, nasihat Jeffrey, adalah sangat penting bagi penumpang agar mematuhi peraturan untuk mematikan alat-alat elektronis (termasuk ponsel), selama penerbangan. Terutama sekali pada saat pesawat hendak lepas landas dan mendarat. Sebab saat itu adalah saat yang paling krusial bagi pilot.

Anda mau percaya Roy Suryo atau Jeffrey Adrian?

Kalau memang benar analisa Roy bahwa signal ponsel tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan, lalu kenapa asosiasi penerbangan dunia telah menerapkan aturan larangan menggunakan ponsel dan alat elektronik lainnya selama penerbangan?

Hasil analisis Roy berikutnya mengatakan bahwa inisiatif dan tindakan pilot Sukhoi Superjet 100 untuk menurunkan ketinggian dari 10.000 kaki ke 6.000 kaki adalah tindakan yang sangat fatal kesalahannya. “Meskipun, secara resmi tetap harus menunggu KNKT, tetapi analisa saya menunjukkan inisiatif berani turun dari 10.000 kaki ke 6.000 kaki, bahkan ketika Sukhoi masa pada kecepatan sekitar 400 kilometer per jam adalah (kesalahan) sangat fatal”, jelas Roy.

Padahal menurut Jeffrey Adrian, inisiatif penurunan ketinggian seperti itu dari seorang pilot masih merupakan hal yang wajar. Asalkan secara visual sang pilot dapat memastikan keamanan pesawatnya dan dia menguasai medan tersebut. Sedangkan, Ketua Federasi Pilot Indonesia, Hasfrinsyah, mengatakan permintaan penurunan dari 10.000 kaki ke 6.000 kaki itu sebenarnya juga sah-sah saja, asalkan memenuhi beberapa persyaratan yang sangat penting. Salah satunya adanya kesamaan pandangan/penglihatan pilot dengan petugas ATC (menara Pengawas). Untuk memastikan semua itu terpenuhi ataukah tidak harus menunggu penyelidikan lebih lanjut dari KNKT.

Sedangkan mengenai berita yang sempat tersebar bahwa ditemukan jenazah pilot Sukhoi dengan sebuah parasut yang tergantung di pepohonan, dengan penuh semangat dianalisis pula oleh Roy. Roy mengatakan bahwa dia telah bertanya kepada pihak pabrikan pesawat komersial Sukhoi langsung ke Rusia, apakah pesawat komersial buatan mereka itu dilengkapi dengan kursi pelontar (ejection seat), sebagaimana ada di pesawat-pesawat tempur? Dijawab oleh pihak pabrik Sukhoi bahwa pesawat komersial buatan mereka itu tidak ada, dan tidak pernah dilengkapi dengan kursi pelontar berparasut seperti di pesawat tempur itu. Jadi, menurut Roy, mustahil pilot itu bisa keluar dengan menggunakan kursi pelontar berparasut.

Apakah Roy serius dengan keterangannya ini? Bahwa dia telah bertanya ke pabrik pesawat Sukhoi Superjet 100 itu bahwa apakah pesawat itu dilengkapi dengan kursi pelontar? Kalau memang benar Roy telah bertanya seperti itu, saya yakin pertanyaan tersebut pasti sudah membuat pihak pabrik Sukhoi itu terkejut dan kemudian tertawa terpingkal-pingkal. Karena mereka baru pertamakali mendengar pertanyaan yang begitu bodoh. Apalagi kalau tahu yang bertanya itu seorang pakar.

Orang awam, bahkan anak kecil pun tahu, bahwa sejak ditemukan pesawat terbang. sampai detik ini, tidak pernah ada pesawat komersial yang dilengkapi dengan kursi pelontar berparasut sebagaimana biasa ada di pesawat tempur.

Dengan analisa-analisanya seperti ini, tidak heran kalau sang pakar ini pernah salah naik pesawat (Lion Air), pada 26 Maret 2011. Tetapi berdasarkan analisanya pada waktu itu, dia mengatakan, dia tidak salah. Yang salah adalah Lion Air yang telah salah dalam melakukan penomoran tempat duduk yang menyebabkan terjadinya kursi ganda (double seat) pada penerbangan Lion Air Yogyakarta-Jakarta, yang pernah bikin heboh di Twitter dan internet itu. Menurut Lion Air, Roy memang salah naik pesawat. Seharusnya, penerbangan jam berikutnya, tetapi dia telah naik di pesawat yang jadwal terbangnya lebih awal.

Saya sendiri waktu membaca berita di detik.com/detik.foto tentang kunjungan Roy Suryo ke Bandara Halim itu, saya kira dia salah lagi. Kali ini salah ke bandara, seharusnya Bandara Soetta, tetapi nyasar ke Bandara Halim. Ternyata, tidak.

Jadi, apakah memang benar Roy Suryo adalah seorang pakar? Pakar IT, pakar Telematika, dan pakar soal penerbangan?

Sebenarnya, Roy Suryo itu pakar apa saja? ***

Catatan Susulan:

Tentang penemuan parasut.

Terkuak sudah misteri parasut yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 ini.

Dalam analisanya Roy Suryo mengatakan tidak mungkin ada parasut di Sukhoi, karena di Sukhoi Superjet 100 itu tidak dilengkapi dengan kursi lontar penyelamat pilot sebagaimana terdapat di pesawat tempur. Hal itu, kata dia, sudah dikonfirmasikan langsung ke pabriknya. Jawabannya, tidak ada kursi pelontar di Sukhoi Superjet 100. Dalam analisanya ini, Roy rancu. Karena yang diinformasikan anggota SAR dari Kopassus itu adalah mereka menemukan parasut. Sama sekali tidak menyinggung soal adanya kursi pelontar.

Apabila pengakuan Roy benar bahwa dia mengetahui seluk-beluk Sukhoi, bahkan sudah bertanya langsung ke pabriknya seperti yang saya singgung di tulisan ini, maka seharusnya dia tahu, atau sudah diberi penjelasan oleh pihak pabrikan Sukhoi itu bahwa memang ada parasut di dalam Sukhoi Superjet 100 ini. Tetapi parasut itu bukan sebagai alat penyelamat pilot. Faktanya, Roy selain membantah penemuan parasut tersebut. Tidak juga menjelaskan bahwa sebenarnya memang ada parasut, tetapi fungsinya berbeda sama sekali dengan yang ada di pesawat tempur. Kesimpulannya: Roy sama sekali tidak tahu apa-apa tentang parasut di Sukhoi.

Pihak KNKT Rusia hari ini (Selasa, 15/05/2012) telah memberi konfirmasi bahwa memang ada parasut di pesawat buatan negaranya ini. Saya kutip beritanya dari Tribunews.com di bawah ini:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak Rusia mengakui adanya parasut yang berada di dalam pesawat Sukhoi Superjet 100. Pihak KNKT Rusia menyebut parasut sebagai bagian peralatan yang digunakan dalam situasi darurat.

“Yang berkaitan dengan parasut saya informasikan parasut itu berada dalam satu box untuk kalau pesawat harus mendarat secara daurat,” ujar KNKT Rusia Sergey Korostiev di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa(15/5/2012).

Kotak parasut tersebut, lanjut Sergey, ditaruh di dalam kontainer bersama makanan.

“Akibat ledakan secara otomatis parasit terbuka,” ujarnya.

“Tapi bukan untuk kepentingan loncat pilot. Tapi survival kit apabila pesawat alamai kondisi darurat,” tambah Sergey.

--

Baca juga berita tentang konyolnya Roy Suryo sebagai pakar telematika ketika menganalisa dan memberi kesimpulan tentang beredarnya video tentang penganiayaan orang Papua oleh sejumlah anggota TNI. Waktu itu Roy Suryo dengan penuh keyakinan mengatakan bahwa hasil analisanya itu menyimpulkan satu kepastian bahwa video itu palsu. Tetapi beberapa hari kemudian dari pihak TNI sendiri mengaku bahwa berdasarkan hasil investigasinya video itu asli. Anggota-anggota TNI yang terlibat penganiayaan itu pun disidangkan di pengadilan militer Papua.

http://hankam.kompasiana.com/2010/10/23/roy-suryo-dan-video-penganiayaan-orang-papua-299586.html

http://www.tribunnews.com/2012/05/15/knkt-rusia-parasut-ada-di-sukhoi-untuk-situasi-darurat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun