Bisnis Tour and Travel memang merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak akan lekang dimakan waktu asalkan bisa bersain dan bertahan. Namun memang kendala seperti halnya bencana alam membuat bisnis travel dan wisata menjadi pakum dan memang susah sekali di hindarkan tentunya.Â
Kita ambil saja contoh sederhana ketika terjadi gempa berbulan bulan lamanya di Pulau Lombok maka otomatis usaha travel, kemudian penginapan, dan elemen elemen di dalamnya otomatis STOP Baik yang menjadi destinasi utama ke Rinjani misalkan maka pengusaha penginapan dan resto disana dengan sendirinya sepi.Â
Kendala alam memang tidak bisa di hindari oleh siapa saja, namun tentu saja ada masanya akan bersemi kembali disinilah memang penting yang namanya sebuah efek cameback cepat dari bencana. Siapa saja yang bisa bangkit lebih cepat maka akan bertahan dan sebaliknya tentu saja akan tenggelam. Nah salah satu tips sukses bisnis travel yang utama adalah bertahan!
Lalu bagiaman cara promosi paket wisata ? Ya, umumnya memang menggunakan brosur wisata baik wisata alam dan yang lainya disebar dimana saja sampai dengan media sosial ok kita coba bahas satu persatu.
1. Menggunakan Brosur
Fungsi brosur ini tidak lain hanyalah sebagai alat penyampai informasi. Masalah desain dan yang lainya tentu saja relatif tergantung ownernya mau membuat yang simple atau ribet. Banyak sekali contoh brosur paket wisata yang bisa di jadikan inspirasi tentu saja dalam hal ini harus jelas, rutenya, paket wisata yang ditawarkan, berapa harganya dll.
2. Menggunakan Media Sosial
Peran media sosial memang dalam mencari pembaca yang kemudian terkonpersi menjadi pelanggan atau pengguna jasa sangatlah besar. Bisa jadi menggunakan instagram, facebook, google dimana kesemua platfom tadi memberikan anda kemudahan dalam hal intraksi jangkauan asalkan mau membayar biaya iklan.
Tips promosi menggunakan media sosial sebenarnya simple saja. Anda bisa promosi di waktu liburan akan tiba, ini akan membantu anda dalam mengirit bajed promo yang tentu saja tidak setiap hari atau minggunya. Atau bisa endorse juga mungkin sangat baik dimana sekarang zamanya endorse artis kalau modal minim ya mungkin selebgram, anda bisa berikan mereka tips berupa uang atau tawarkan mereka menginap di tempat anda menggunakan jasa tour and travel anda dan buat video semenarik mungkin kemudian di pos di story IG mereka ini juga jenis promo yang bisa dikatakan sudah sangatlah umum sekarang ini.
3. Beriklan di Tv, Radio Atau Koran
Ini juga penting memang jika bajed banyak maka bisa iklan di Tv, jika masih menengah maka bisa pasang di radio atau iklan baris di koran koran besar sekelas Kompas dll.
4. Menggunakan Mesin Pencari
Di sini sederhana saja, kebanyakan orang terkadang tiba tiba mengetik " Paket Wisata Bali" Maka tentu saja mereka bisa jadi menggunakan search engine google. Maka anda harus menyiapkan website, kemudian bagaimana membuat website wisata ada berada di nomer 1. Ya, lagi lagi optimasi mesin pencari sangatlah penting memang.
5. Membangun Brand
Ini tahap yang bisa dikatakan susah, karena orang menjalankan bisnis travel jika sudah memiliki brand maka tidak membutuhkan yang namanya promo terlalu banyak. Ya, mereka biasanya akan menceritakan kepada teman mereka akan servic anda, kuatkan brand dan tentu saja jangan lupa dengan kualitas pelayanan yang prima.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H