Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM Gel. 11 Kelompok 31 dengan dosen pembimbing lapang Evi Dwi Wahyuni, S.Kom., M.Kom.
Desa Lemahbang Dewo adalah desa yang berada di Kecamatan Rongojampi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk sekitar 3.262 jiwa dengan luas wilayah sekitar 2,23 km2. Kabupaten Banyuwangi terbagi atas dataran tinggi berupa daerah pegunungan, yang menghasilkan produksi perkebunan.Â
Daerah dataran menghasilkan tanaman pangan, serta daerah sekitar garis pantai yang membujur dari arah Utara ke Selatan merupakan daerah penghasil berbagai biota laut.Â
Potensi Desa Lemahbang Dewo, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi
Adapun potensi usaha yang dimilik oleh masyarakat di desa Lemahbang Dewo ini adalah industri rumahan/ usaha desa lemahbang dewo. Selain itu, desa ini memiliki potensi tanah yang cukup subur dengan curah hujan yang baik sehingga banyak masyarakatnya yang bertani. Â
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh kelompok PMM kami di desa Lemahbang Dewo ini ternyata mayoritas masyarakat memiliki tenggang rasa yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari keramahan terhadap mahasiswa yang sedang melaksanakan pengabdian di desa tersebut. Sumber Daya Manuasia memiliki sifat pekerja keras dan gotong royong.Â
Adapun masyarakat di desa tersebut bermata pencaharian sebagai industri rumahan/ UMKM. Jenis UMKM di Desa Lemahbang Dewo ini banyak ibu rumah tangga yang bekerja sebagai karyawan dari usaha desa atau industri rumahan yang merupakan salah satu penyedia makanan oleh-oleh khas Banyuwangi sedangkan masyarakat laki-laki di desa tersebut mayoritas berkerja sebagai wiraswasta, bertani, peternakan, perkantoran, dll.Â
Strategi Pengembangan UMKM menuju UMKM Go Digital
Dalam Program Pengabdian Masyarakat-Mahasiswa ini yang berupa gerakan sosialisasi dan edukasi(baik berupa penyuluhan dan pelatihan (praktek) dalam Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran melalui Teknologi tepat guna dengan sasaran lokasi. Sebelum Program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan, kami melakukan metode Pra Survey/kegiatan. Metode ini mengharuskan kami untuk terjun ke lokasi sasaran terlebih dahulu agar dapat melihat situasi dan kondisi lokasi tersebut.Â
Ternyata setelah dilakukannya Pra Survey/Kegiatan, ditemukan permasalahan masih adanya masyarakat yang kurang menerapkan hidup bersih dan sehat pasca pandemi, serta kurang adanya pengetahuan dalam manajemen usaha dan strategi pemasaran UMKM di era digitalisasi saat ini.Â