Akibat adanya pandemi Covid-19 dalam 2 tahun belakangan ini, kondisi perekonomian masyarakat indonesia saat ini masih terpuruk. Banyak sektor yang terdampak salah satunya sektor ekonomi, misalnya para pelaku usaha UMKM. Selain pemerintah yang berusaha meningkatkan ekonomi rakyat, masyarakat pun masih berusaha untuk bertahan hidup. Para pelaku UMKM harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini juga dituntut untuk ikut beradaptasi pada era digitalisasi dimana produknya bisa diakses dari rumah. Oleh karena itu, Daneta Putri Tarigan selaku Mahasiswa KKN Tim II Undip yang berlatarbelakang pendidikan jurusan Ekonomi, berupaya untuk melakukan digitalisasi promosi produk sebagai strategi pemasaran para pelaku UMKM di daerah Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang yang masih terbatas.
Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merk atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Dalam hal ini, media sosial termasuk saluran online untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan menjadi alat komunikasi yang penting bagi UMKM untuk berkomunikasi dengan konsumen secara interaktif.
Pelaksanaan program kerja monodisiplin "Strategi Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Promosi Produk : Edukasi Penggunaan Sosial Media yang Baik dan Benar dalam Pemasaran Digital sebagai Upaya Perluasan Pasar" dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan program ini dimulai dengan menghubungi UMKM yang terdapat pada RW XIV untuk melakukan kunjungan, kesepakatan jadwal kunjungan dengan pemilik dari UMKM tersebut, dan berkunjung ke tempat UMKM yang dituju. Selanjutnya sosialisasi dilakukan dengan mengenalkan digital marketing. Pada pembahasan pertama, pemilik dari UMKM dijelaskan mengenai strategi promosi online melalui sosial media. Kemudian dijelaskan tentang pentingnya promosi online untuk ekspansi pasar. Dengan adanya digitalisasi marketing, tentunya akan lebih menjangkau target pasar yang diharapkan oleh para pemilik UMKM tersebut. Pada akhir sosialisasi, dibagikan poster tentang strategi pengembangan UMKM mengenai media sosial dan dilanjutkan dengan foto bersama.
Dengan terlaksananya program ini, diharapkan dapat membantu mempromosikan produk UMKM warga agar produknya lebih dikenal dan pemasaran produk lebih luas. Hasilnya program yang saya lakukan dapat membantu meningkatkan promosi produk dan mendapat respon positif dari para pelanggannya.
Penulis : Daneta Putri Tarigan -- Ekonomi (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.
Lokasi : Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H