Mohon tunggu...
danang yulianto
danang yulianto Mohon Tunggu... -

oke

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara melindungi logam terhadap korosi dan erosi

9 Juni 2011   15:21 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:41 8102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cara melindungi logam terhadap korosi dan erosi

1.MELINDUNGI LOGAM TERHADAP KOROSI.

Yang disebut korosi ialah termakannya logam oleh pengaruh kimia atau kimia electron misalnya zat asam, air laut, dan sebagainya.

Seperti pada motor bakar, hasil-hasil pembakaran dari campuran bensin dengan udara menpunyai pengaruh oksidasi yang besar terhadap dinding terhadap dinding silinder. Oleh sebab itu pada dinding silinder akan cepat berkarat apabila motor jarang digunakan.

Korosi akan bertambah cepat apabila permukaan logam kasar atau tidak licin, jadi bila permukaan logam itu terdapat lubang-lubang atau gari s-garis, maka permukaan tersebut gampang terjadi korosi secara berangsur-angsur.

Besi dapat dilindungi dari beberapa kemungkinan terhadap korosi, dan cara milindungi dapat dilakukan antara lain:

a.Melapis dengan cat, besi yang akan dicat digosok sampai bersih, setelah itu di beridasar meni dan kemudian dicat sesuai dengan warna yang dikehendaki.

b.Mencelupkan ke dalam cairan seng (Sn), di mana benda kerja dicelupkan kedalam penangas seng.

c.Mencelupkan kedalam cairan timah putih atau timah hitam (Pb)

d.Menyemprot dengan logam aluminium, timah, timbel, dan tembaga.

e.Melapisi dengan aliran listrik didalam sebuah penangas. Misalnya nikel, chrom, timah, dan tembaga.

f.Menambah dengan chrom dan nikel, jika baja ditambahkan dengan 12 – 16% Cr, terjadilah baja yang tidak dapat berkarat, yang terkenal dengan nama stainless.

g.Melumuri dengan miyak gemuk: untuk melindungi dalam waktu yang pendek dapat dilakukan dengan jalan melumuri dengan minyakatau gemuk misalnya selama pekerjaan berhenti atau pun selama masa pengangkutan.

2.MELINDUNGI LOGAM TERHADAP KIMIA ELEKTRO.

Yang dimaksut dengan korosi kimia elektro yaitu dimana terdapatnya 2 macam logam yang berlainan didalam tempat basah yang didalamnya ter dapat suatu eleman listrik. Logam dengan potensi kimia electron yang lebih tinggi dilarutkan terlebih dahulu. Jenis korosi yang seperti ini terutama terjadi pada bagian-bagian konstruksijembatan yang ter letak dibawah tanah, gedung, saluran pipa, kabel dan lain-lain.

Korosi listrik dan korosi kimia elektro dadicegah dengab jalan menanam sebuah anoda pelindung dari maknesium didekat bagian –bagian konstruksi yang akan dilindungi. Jadi hanya magnesium ini yang mempunyai potensi kimia electron yang paling tinggi diantara logam-logam yang biasa dipakai. Anoda-anoda magnesium tahan lama kurang lebih 5 tahun.

3.MELINDUNGI LOGAM TERHADAP EROSI.

Yang dimaksud dengan erosi ialah termakannya permukaan logam oleh pengaruh mekanis . dua jenis logam saling ber gesekan lama kelamaan akan menjadi aus,misalnya seperti poros yang berputar pada bantalan torak, pada silinder motor, poros engkol yang berputardan lain-lain.

Cara untuk mencegah ter jadinya erosi dapat dilakukan beberapa jalan antara lain:

a.Memperhalus dan memperlicin permukaan bidang yang terjadi gesekan.

b.Meyepuh permukaan logam pada titik tumpuan.

c.Melapis dengan logam keras misalnya chrom atau nikel.

d.Membuat logam keras dengan campuran unsur Cr.Ni, wolfram dan yang lain.

e.Memberi pelumasan pada tumpuan berputar.

f.Memakai bahan bantalan yang berdaya lincir yang tinggi, misalnya: bantalan peluru, babith dan lainnya.

g.Kontruksi bantalan dan blok bantalan harus dibuat sempuna, supaya tidak timbul kolor pada waktu kerja.

h.Minyak pelumas uatau gumuk harus dapat melumas dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun