Mohon tunggu...
Dames Cabelita Margareta
Dames Cabelita Margareta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Halo, perkenalkan saya adalah Mahasiswi di Universitas Trilogi Jurusan Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jenis Komunikasi Pemasaran

10 Juli 2022   18:51 Diperbarui: 10 Juli 2022   19:11 1517
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KW: Jenis Komunikasi Pemasaran
 
4 Jenis Komunikasi Pemasaran yang Harus Kamu Tahu
 
Untuk memperlancar jalan penjualan produk atau jasa, dibuatlah komunikasi pemasaran. Dalam hal ini ada empat jenis komunikasi pemasaran yang harus kamu tahu sebelum terjun di dalamnya.
 
Komunikasi pemasaran adalah cara untuk mempengaruhi orang untuk membeli produk atau menggunakan layanan sambil mempertahankan kontak dengan pelanggan yang sudah ada.
 
Ada empat jenis komunikasi pemasaran, seperti periklanan, public relations, dan promosi penjualan.
 
Jenis Komunikasi Pemasaran
 
Pada artikel ini akan dijelasn dari empat jenis komunikasi pemasaran yang sudah ada saat ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan cek pada ulasan di bawah ini.
 
Periklanan
 
Menjadi jeni komunikasi pemasaran yang paling kuat, periklanan menawarkan jangkauan yang lebih luas kepada audiens dan frekuensi penyampaian pesan yang tinggi.
 
Karena jenis komunikasi pemasaran ini mahal, kamu harus mempertimbangkan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Cobalah untuk menggunakan berbagai jenis media iklan untuk mendekati berbagai jenis orang.
 
Tetapkan anggaran yang memadai untuk iklan; apakah kamu akan membuat ide periklanan sendiri atau mengandalkan perusahaan periklanan. Membuat iklan kamu sendiri. Misalkan kamu memiliki tim yang hebat untuk itu akan lebih murah.
 
Namun, kamu berisiko mengalami komunikasi pemasaran yang buruk. Perusahaan periklanan mungkin menagih kamu banyak uang tetapi biayanya sepadan dengan efeknya.
 
Public Relations
 
Jenis komunikasi pemasaran yang kedua adalah Public Relations (PR). PR akan membantu menciptakan kesadaran merek di antara pelanggan dengan cara yang lebih halus. Aspek inilah yang membedakan Public Relations dengan periklanan. Sementara iklan mempromosikan produk dengan cara yang agresif, melayani diri sendiri dan subjektif, PR mengkomunikasikan produk dengan cara yang jauh lebih lembut dan lebih objektif. Selain itu, PR yang menyebutkan produk kamu mungkin merupakan satu-satunya jenis komunikasi pemasaran yang gratis.
 
Diskon
 
Diskon adalah jenis promosi penjualan yang paling favorit. Ada banyak pelanggan yang membuat keputusan pembelian spontan pada saat penjualan. Melihat fakta ini kamu mungkin mulai berpikir, bagaimana memanfaatkan situasi ini.
 
Banyak pemasar memutuskan untuk menempatkan beberapa perangkat komunikasi pemasaran di tempat di mana program diskon terjadi. Ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk melihat pesan.
 
Mayoritas orang memilih untuk menerima pembaruan tentang diskon, kupon, hadiah, program loyalitas, program rujukan, dan pengiriman gratis. Dengan pendekatan ini, perusahaan yang baru memulai dapat menarik perhatian dan meningkatkan penjualan produk.
 
Lebih banyak orang akan menemukan merek yang kamu buat. Promosi penjualan ini juga merupakan ide bagus untuk perusahaan yang sudah mapan. Hal ini membantu menjual koleksi lama dan memberi ruang untuk produk baru.
 
Media Daring
 
Banyak perusahaan yang menggunakan media online atau daring sebagai alat komunikasi pemasarannya. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli iklan yang menarik dan menempatkannya di lokasi yang menjanjikan seperti koran dan majalah online. Untuk menarik lebih banyak audiens, mereka biasanya memasang iklan dengan pesan yang mengesankan di media sosial seperti Facebook atau beberapa blog pribadi.
 
Dalam tipe ini, merek menggunakan internet untuk memasarkan dan mempromosikan produk, terhubung dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli. Kamu dapat mendekati prospek dan pelanggan melalui pemasaran email, messenger, media sosial, pemberitahuan push web, dan sebagainya.
 
Buat versi desktop dan seluler situs web untuk memungkinkan pengguna merasa nyaman saat menggunakan layananmu. Kamu dapat mengkomunikasikan pesan yang diperlukan ke grup target dengan chatbot, pemberitahuan push web, dan SMS.
 
Periklanan dapat bekerja dengan sangat baik karena membawa pesan langsung tentang produk kepada pelanggan. Tergantung pada jenis media yang dipilih, iklan dapat menjangkau ribuan pembeli masa depan di seluruh dunia. Namun, jika terlalu mahal, kamu dapat mengandalkan jenis komunikasi pemasaran lainnya.
 
Itulah tadi empat jenis komunikasi pemasaran yang harus kamu tahu sebelum memutuskan terjun untuk masuk dalam bisnis ini.

Dames Cabelita Margareta - 20113047

Universitas Trilogi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun