Mohon tunggu...
Dames Cabelita Margareta
Dames Cabelita Margareta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Halo, perkenalkan saya adalah Mahasiswi di Universitas Trilogi Jurusan Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

5 Strategi Komunikasi Pemasaran yang Efektif

17 Juli 2022   18:46 Diperbarui: 17 Juli 2022   18:51 771
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KW: Strategi Komunikasi Pemasaran
 
5 Strategi Komunikasi Pemasaran yang Efektif
 
Strategi komunikasi pemasaran adalah strategi yang digunakan bisnis untuk mengirim pesan pemasaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat melalui media yang tepat pada waktu yang tepat, untuk mencapai volume penjualan yang tinggi.
 
Menjual sesuatu seperti es ke grup yang mungkin tidak membutuhkan es membutuhkan kemampuan strategi komunikasi pemasaran yang luar biasa. Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu menjadi tenaga penjualan yang luar biasa, jika kamu telah menemukan keinginan audiens targetmu.
 
Strategi komunikasi pemasaran itu sendiri memiliki definisi sendiri. Hal ini adalah berbagai sumber yang digunakan pemasar untuk mengirim pesan informasi kepada konsumen potensial. Saat ini, ada banyak cara untuk menjual produk. Misalkan di TV, radio, media sosial, baliho dan  banyak lagi pemasaran lainnya. Tapi mana yang paling efektif untuk strategi komunikasi pemasaran saat ini?
 
Nah, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa strategi komunikasi pemasaran dan tips untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis ini.
 
Tips dan Strategi Komunikasi Pemasaran
 
Identifikasi Target Pasar
 
Target pasar adalah kelompok orang yang berbeda yang ingin kamu jangkau dengan pesan pemasaran.
 
Berfokus pada target pasar, alih-alih mencoba menjual kepada semua orang, memungkinkan kamu menjadi spesifik dengan pesan dan cerdas tentang di mana kamu menginvestasikan anggaran pemasaran. Orang-orang di pasar sasaran kamu jauh lebih mungkin untuk membeli darimu daripada mereka yang berada di luar pasar tersebut.
 
Hal ini akan membantu kamu memahami kepada siapa kamu tidak menjual. Jika perlu, gunakan rentang sebagai definisi. Misalnya tingkat keahlian bisa pemula hingga menengah, ukuran bisnis bisa 50 hingga 100 karyawan, dan seterusnya.
 
Identifikasi Target Pelanggan
 
Target pasar kamu dapat mencakup satu atau lebih jenis target pelanggan. Langkah kamu selanjutnya adalah mendefinisikannya.
 
Di sinilah kamu harus lebih spesifik dalam rentang yang telah kamu tentukan sebelumnya, dan salah satu cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pendekatan persona pembeli.
 
Persona pembeli adalah deskripsi karakter sederhana dari target pelanggan perusahaan.
 
Definisi pelanggan target ini singkat dan sederhana, namun tetapkan pondasi dengan tujuan dan poin utama yang menghalangimu.
 
Identifikasi Proposisi Penjualan
 
Kamu mungkin tergoda untuk melewatkan langkah ini, tetapi kuasai langkah ini. Hal ini akan membantu kamu lebih spesifik dalam penjualan.
 
Proposisi penjualan, juga disebut proposisi nilai unik adalah manfaat atau solusi inti yang membedakan produk atau layananmu dari pesaing. Hal ini memposisikan kamu sebagai pilihan terbaik di pasar.
 
Satu-satunya kasus di mana kamu tidak memerlukan proposisi penjualan yang unik adalah jika kamu tidak memiliki pesaing di pasar.
 
Sesuaikan Masalah Audiens Dengan Solusi Produk yang Kamu Berikan
 
Sekarang, petakan titik fokus yang kamu identifikasi pada langkah kedua dengan solusi yang kamu tawarkan.
 
Cara cepat dan mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat dan mengisi matriks pesan masalah pelanggan/solusi produk.
 
Di tabel kosong, isi baris pertama dengan penawaran. Kemudian, isi kolom pertama dengan semua poin keluhan pelanggan yang telah kamu identifikasi.
 
Tetapkan Tujuan dan Identifikasi Cara untuk Mengukurnya
 
Seperti yang sudah definisikan di awal, strategi komunikasi pemasaran menghubungkan pesan kamu tentang produk/layanan dengan pelanggan target. Untuk mengetahui apakah strategi komunikasi pemasaran berhasil, kamu perlu tahu bagaimana mengukurnya.
 
Berdasarkan sasaran bisnis, berapa banyak penjualan yang perlu kamu hasilkan, dan berapa banyak prospek yang perlu kamu hasilkan? Lihat data sebelumnya, seperti tingkat penutupan penjualan, untuk mendapatkan perkiraan untuk memulai.
 
Misalnya, jika sekitar 10 persen dari prospek kamu menjadi pelanggan, dan kamu membutuhkan 50 pelanggan baru untuk mencapai sasaran pendapatan, kamu harus menghasilkan 500 prospek.
 
Nah, itulah tadi beberapa trik strategi komunikasi pemasaran yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu di era digital saat ini.

Dames Cabelita Margareta - 20113047

Universitas Trilogi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun