Mohon tunggu...
Dama LarissaApta
Dama LarissaApta Mohon Tunggu... Lainnya - Hanya seorang mahasiswa

Hanya seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Emang Tulisan Tangan Jelek Gak Bisa "Hand Lettering"? Eitss, Itu Salah Besar

15 November 2020   13:37 Diperbarui: 15 November 2020   14:36 2489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teruntuk kalian yang punya tulisan tangan jelek atau biasa kita sebut dengan tulisan dokter kalian tetep bisa hand lettering lohh, untuk memperindah catatan kalian.

Tapi sebelum kita membahas lanjut, apasih sebenarnya hand lettering itu?. Pernahkah kamu mendengar istilah hand lettering?. Atau mungkin kalian masih asing dengan istilah itu?.   

Hand lettering ini sempat trend loh beberapa tahun ini di social media, seperti youtube, tik tok dan Instagram. Hand lettering ini merupakan istilah menggambar kalimat indah dalam tampilan dan pesan, atau seni menulis dengan tangan. Hand lettering ini hampir mirip dengan seni kaligrafi, hanya saja lebih modern dan freestyle sehingga untuk menulis hand lettering bisa disesuaikan dengan kretifitas masing-masing. Kalau orang-orang generasi z biasanya mereka menggunakan hand lettering ini di catatanya. 

Tapi yang saya akan bahas disini, adalah hand lettering di kalangan amatiran seperti saya, berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang remaja dan amatir, bukan di circle komunitas yang sudah profesional. 

Pasti ada dari kalian yang bertanya-tanya, kenapasih harus ribet-ribet pake hand lettering buat catatan doang. Eittss cobain dulu deh, rasanya, ahh mantap ( tiktok syndrome ). Kalo kalian udah lancar hand letteringnya pasti bakal ketagihan, kayak ada rasa seneng tersendiri gitu loh liat catatan yang aesthetic gitu dan juga bikin kita lebih paham sama catatan kita. Dan juga bisa meningkatkan kesabaran Belajar karena hand lettering itu benar-benar membutuhkan kesabaran yang ekstra. 

Kita harus bersiap dengan rintangan yang akan menghadang. Misal sedang membuat tulisan kemudian ada huruf yang salah, kita harus dengan sabar menghapus dan memperbaikinya lagi. Dan bisa meningkatkan kretifitas kamu lohh, Bagaimanapun juga hand lettering adalah sebuah seni dimana kreatifitas sangat dibutuhkan, hand lettering memiliki banyak style. Jadi dalam sebuah karya hand lettering, kamu bisa mengeksplore kreatifitasmu dengan berbagai macam style agar karya kamu tidak terlihat membosankan. 

Trus gimana caranya, tulisan tangan dokter bisa hand lettering?. Tenang, semua itu bisa karena terbiasa, bisa karena banyak berlatih. Jujur, tulisan saya juga gak bagus-bagus amat, bahkan bisa dibilang jelek, hahaha. Tapi saya tetep bisa hand lettering ( sombong dikit wkwk ). 

Fyi, awal-awal saya tertarik dengan hand lettering itu karena adek saya, saya melihat buku catatan adek saya dan juga sempat nemu di Instagram explore  dan saya tertarik. Walaupun saya tertarik tapi saya sudah insecure duluan sama tulisan saya sendiri, diawal sebelum mencoba saja sudah insecure, mana bisa tulisan tangan jelek nulis-nulis begituan. 

Walaupun sudah insecure duluan, saya tetap kepo tetap penasaran, akhirnya saya cari tuh,saya search di youtube “hand lettering for begginers”. Trus lama-lama saya jadi bisa dan terbiasa, walaupun sempet frustasi di awal-awal wkwk. 

Jadi, untuk kalian yang punya tulisan tangan dokter, kalian jangan insecure dulu. Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, kalian bisa manfaatin banget. Banyak tutorial-tutorial hand lettering untuk pemula di youtube, banyak inspirasi-inspirasi model tulisan di pinterest, banyak akun-akun Instagram yang share tentang hand lettering dan di tiktok.

Nahh jadi hal pertama yang kalian harus lakukan adalah nonton-nonton video tutorial hand lettering untuk pemula di youtube dan dipraktekkan tentunya. Lalu untuk alatnya, bisa dengan alat tulis seadanya aja! Untuk memulainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun