Mohon tunggu...
Dallah Zazilah
Dallah Zazilah Mohon Tunggu... Akuntan - MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG

Nama saya Dallah Zazilah, saya adalah seorang mahasiswa Akuntansi S1 di Universitas Pamulang yang sangat teliti dan terorganisir. Yaitu, dalam mengerjakan tugas kuliah, saya selalu memastikan setiap detail diperhatikan dengan baik dan tidak melewatkan satu pun langkah penting. Selain itu, saya juga suka berenang, hobi yang membantu saya tetap sehat dan disiplin. Melalui kegiatan ini, saya belajar untuk mengatur waktu dengan baik antara belajar dan beristirahat, serta mendapatkan ketenangan mental yang membantu saya tetap fokus pada studi saya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen PT. Mayora Indah Tbk

31 Mei 2024   17:33 Diperbarui: 31 Mei 2024   17:34 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sistem Pengendalian Manajemen "PT. Mayora Indah Tbk"

Sistem pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan organisasi., dengan kata lain pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk menjamin bahwa sumber manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh. Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan manajemen sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses perencanaan strategi. Oleh karena itu Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi kinerja perusahaan.

Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem pengendalian manajemen yaitu PT Mayora Indah Tbk. PT Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang makanan dan minuman yang berbasis di Indonesia. Sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh perusahaan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, mengendalikan risiko, dan mencapai tujuan perusahaan secara efektif.

Profil Sejarah Singkat PT. Mayora Indah Tbk

        PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. PT. Mayora Indah Tbk mulai beroperasi secara komersial pada Mei 1978. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasamya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia.

        Tahun 1990 sampai sekarang perseroan ini sudah menjadi perusahaan go publik. Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah "Top Five Best Managed Companies in Indonesia" dari Asia Money, "Top 100 Exporter Companies in Indonesia" dari majalah Swa, "Top 100 public listed companies" dari majalah Investor Indonesia, "Best Manufacturer of Halal Products" dari Majelis Ulama Indonesia, dan banyak lagi penghargaan lainnya.

Visi:

Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.

Misi: 

Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.

  • Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

Tujuan

  • Meningkatkan laba bersih oprasi diatas rata-rata industry.
  • Memberikan nilai tambah yang baik bagi seluruh stakeholders perusahaan.
  • Memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana perusahaan beroprasi.

Kerangka Konseptual Sistem Pengendalian Perencanaan dan Pengendalian Manajemen

Penggunaan kerangka konseptual dalam PT. Mayora Tbk untuk meningkatkan keuntungan melalui digitalisasi strategis pemasaran mereka:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun