Guru dapat memotivasi siswa? Ya, sebagai seorang guru harus mampu mendidik, membimbing, melatih, dan menilai siswa, bukan sekadar mengajarkan saja (Arya D. 2023). Selain itu, motivasi juga menjadi kunci terpenting pada proses pembelajaran, sehingga guru berperan penting dalam memotivasi siswanya untuk belajar. Tugas guru adalah merancang kurikulum dan materi serta memberikan petunjuk kepada siswa tentang  cara belajar yang efektif (Arianti. 2018). Peran guru sangat dibutuhkan dalam memotivasi siswanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan prestasi akademiknya.
 Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Motivasi guru merupakan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri  siswa dalam proses belajar. Di mana guru dapat membangun hubungan  positif dengan siswa dengan cara mendengarkan  secara aktif, menunjukkan empati, dan memberikan perhatian individu kepada setiap siswa (Rahayu, Fina R. 2023). Selain itu, guru perlu mempertimbangkan lingkungan belajar bagi siswanya, termasuk lingkungan belajar yang membina hubungan positif sehingga  siswa merasa percaya diri terhadap kemampuan  belajar dan perkembangannya sendiri.
Meningkatkan Kreativitas Siswa
Meningkatkan motivasi kreatif siswa merupakan hal penting dalam mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Memotivasi siswa dapat membantu mereka dalam mencari ide serta mencari solusi untuk menghadapi suatu permasalahan. Selain itu, berpikir kreatif juga merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang memungkinkan siswa mengungkapkan ide dan imajinasinya untuk memecahkan masalah dan menciptakan sebuah inovasi yang kreatif. (Anditiasari, Nungki, Emi Pijiastuti, Bambang E. Sushiro. 2021).Â
meningkatkan prestasi siswa
Motivasi dari guru dalam mengajar di sekolah dapat Meningkatkan Prestasi akademik siswa. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, guru juga harus mampu memotivasi siswanya dalam seluruh kegiatan belajar mengajar. Sehingga diperlukan suasana  belajar yang komunikatif antara guru dan siswa, sehingga dapat membantu menumbuh kembangkan motivasi  siswa. Pembelajaran yang berhasil merupakan hasil usaha  siswa untuk mencapai pembelajaran yang unggul. Kualitas yang tinggi dapat dikatakan terjadi ketika kinerja tinggi baik pada aspek kognitif, seperti hasil tes dan tugas sekolah.
Faktor penting motivasi dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa dan interaksi dengan guru. Hal ini membina hubungan positif antara siswa dan guru, mendorong keterlibatan aktif, empati, dan perhatian pribadi. Motivasi juga meningkatkan kreativitas dan memotivasi siswa  untuk mencari ide serta solusi ketika menghadapi tantangan. Selain itu, motivasi merupakan keberhasilan siswa. Komunikasi yang efektif antara guru dan siswa sangat penting untuk memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif. Sehingga prestasi adalah pencapaian yang berharga jika mengarah pada kesuksesan kognitif, akademik, atau psikologis yang signifikan.
References
Anditiasari, Nungki, Emi Pujiastuti, and Bambang E. Susilo. 2021. "Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa." Matematika dan Pendidikan Matematika 12, no. 2 (september). https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8884.Â
Arianti. 2018. "PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA." Didaktika Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (Desember): 124. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/download/181/110.Â