Gen Z Â atau Generasi Z, merupakan generasi yang lahir diantara pertengahan tahun 90-an hinggal 2010-an. Gen Z saat ini begitu ramai dibicarakan dikarenakan kecenderungan mereka pada perkembangan yang terjadi pada dunia. Kata 'FOMO' merupakan hal yang sangat identik dengan mereka. Fear Of Missing Out atau takut akan tertinggal sesuatu merupakan hal yang menjadi kebiasaan generasi ini. Ketinggalan akan suatu hal, seperti trend atau informasi terkini menjadi sesuatu yang tidak boleh mereka alami.
Karakteristik Generasi Z
Karena hal ini pun, generasi Z sangat dekat dengan teknologi. Teknologi  sudah menjadi bagian hidup oleh generasi ini, hal ini diperkuat dengan tidak adanya satupun dari gen Z yang tidak memiliki gawai smartphone. Dengan tingkat perkembangan  teknologi yang saat ini jauh berbeda dengan apa yang ada pada masa gen Y atau milenial, hal ini bukanlah hambatan untuk para gen Z untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang saat ini sangat beriringan dengan perkembangan teknologi. Hal inilah yang menjadikan mereka para gen Z memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Selain itu gen Z juga memiliki karakter lain sepeti jiwa sosial yang besar, kreatifitas tanpa batas, kecerdasar emosional yang tinggi hingga jiwa kewirausahaan yang kuat.
Perkembangan Dunia Era Gen Z
Berangkat dari perkembangan teknologi yang terjadi, muncul pula sebuah media baru, yaitu media sosial. Media sosial saat ini sudah dinikmati hampir oleh seluruh orang dipenjuru dunia. Media ini mampu menghubungkan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya dengan jarak yang tidak terhingga, hanya bermodalkan jaringan internet. Namun, tidak semua orang dapat memanfaatkan media baru ini lain halnya dengan para gen Z. Setiap orang pada kalangan generasi ini tidak mungkin tidak memiliki media sosial. Bahkan tidak kaget jika ada gen Z Â yang mengatakan bahwa mereka bisa sukses melalui media sosial.
Pekerjaan Era Gen Z
Banyak hal baru atau inovasi-inovasi yang muncul yang di era gen Z. inovasi tersebut terjadi dari segala segi, baik dari segi life style hingga segi pekerjaan. Dengan gen Z yang bersahabat erat dengan teknologi banyak jenis pekerjaan baru yang muncul dan memiliki dampak besar dalam dunia bisnis. Seperti digital marketing, social media specialist hingga content writer, pekerjaan tersebut merupakan beberapa dari sekian banyak pekerjaan yang muncul di era gen Z yang tidak hanya memanfaatkan teknologi masa kini seperti media sosial, namun juga karakteristik yang dimiliki oleh gen Z pada umumnya.
Pekerjaan di era gen Z memiliki dampak yang besar pada perkembangan bisnis saat ini. Kita ambil contoh Social Media Specialist, pekerjaan tersebut tidak pernah terlintas sedikitpun beberapa tahun lalu hingga muncul wabah Covid-19 pada 2020 silam. Wabah tersebut membuat hampir ekonomi di seluruh dunia goyah karena adanya isolasi mandiri dan juga social distancing. hal baik dibalik dari wabah tersebut ialah mampu telah men-trigger daya kreatifitas seluruh orang terlebih khususnya para gen Z. Dari saat wabah yang hanya membuat orang menikmati sosial media menjadi memanfaatkan media sosial.
Tidak hanya masyarakat tetapi bisnispun sama. Kini dunia bisnis tak lagi terlihat pasif dimata masyarakat dan juga dengan pengaruh media sosial, dunia bisnis dapat melebarkan sayapnya lebih jauh lagi dan lebih besar lagi.
Singkat kata gen Z mungkin sering menjadi perbincangan di berbagai aspek dan di media apa saja, kita tidak boleh melupakan potensi besar yang mereka miliki. Mereka adalah generasi yang berani, kreatif, dan peduli, yang dapat membawa perubahan positif dalam masyarakat dan dunia. Oleh karena itu, mari mendukung dan memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka. Gen Z adalah generasi masa depan yang diharapkan dapat membawa dunia ke arah yang lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H