Mohon tunggu...
Dafina DewiPuspasari
Dafina DewiPuspasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Penulis mempunyai hobi memasak, bernyanyi dan menjelajahi wisata baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keunikan Periklanan Melalui Komunikasi Visual

7 Juli 2024   10:11 Diperbarui: 7 Juli 2024   10:18 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ARTIKEL KELOMPOK 13 

Hanna Fathia -- 23010400051

Aghni Azrania Tahmida -- 23010400100

Dafina Dewi Puspasari -- 23010400117

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat sehingga mereka terdorong untuk membeli suatu produk atau layanan. Aspek -- aspek penting tersebut yang pertama meliputi kualitas produk atau layanan, ketika produk yang kita sediakan melebihi harapan konsumen dan mempunyai kualitas tinggi, secara langsung itu mendatangkan kepercayaan dan loyalitas dari para konsumen.

Aspek yang kedua ialah harga, kesesuaian harga dengan kualitas atau nilai yang ditawarkan produk dapat menarik konsumen. Diberlakukannya promosi, diskon dan penawaran khusus lainnya menambah daya tarik tambahan. Ketiga adalah branding, ketika suatu produk atau layanan telah mendapatkan kepercayaan dan loyalitas tinggi dari para konsumen, terbentuklah sebuah merek yang kuat dan dikenal luas diikuti dengan citra positif yang menjadikan konsumen secara terus menerus memilih produk tersebut. 

Keempat ialah kepuasan pelayanan pelanggan, pelayanan yang tanggap, responsif serta ramah juga dapat meningkatkan loyalitas para konsumen. Yang terakhir adalah periklanan, promosi iklan yang menarik dapat meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap produk atau layanan.

Periklanan merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam strategi pemasaran. Pengertian iklan secara umum merupakan pesan penawaran yang disampaikan kepada publik yang terlihat maupun terdengar. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan media, periklanan telah mengalami perkembangan yang relevan, terutama dalam hal komunikasi visual. 

Komunikasi visual adalah proses penyampaian informasi dan ide melalui bentuk visual seperti gambar, grafik, diagram, simbol, vidio, dan elemen desain lainnya. Komunikasi visual melibatkan bahasa tanpa kata, dengan menggunakan elemen seperti warna, desain grafis, ilustrasi -- ilustrasi dan elemen visual lainnya, dan dengan dari itu pesan dapat disampaikan melebihi kata -- kata. 

Periklanan komunikasi visual memanfaatkan kekuatan gambar beserta ilustrasi  untuk menarik dan merangkul para audiensnya.  Visual dalam periklanan bukan hanya sekedar keindahan yang bisa dinikmati, melainkan juga sarana yang dapat menyampaikan pesan secara cepat dan jelas. Artikel ini akan membahas keunikan periklanan melalui komunikasi visual.

Sejarah Periklanan Visual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun