Mohon tunggu...
Daffa Erinda
Daffa Erinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu mahasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengenal Lebih Jauh Fitur DANA: Aplikasi Pembayaran Digital

15 April 2023   14:38 Diperbarui: 15 April 2023   14:40 3120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan teknologi semakin pesat di era modern ini, masyarakat sudah mulai meninggalkan sistem lama dan beralih menuju sistem teknologi baru. Perkembangan teknologi informasi terus berkembang seiring dengan berkembangnya kehidupan manusia. Pembayaran digital telah menjadi tren global dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan munculnya aplikasi pembayaran seperti DANA.

Sebagai platform yang menyediakan berbagai layanan pembayaran, DANA telah berhasil memperluas jangkaunnya di Indonesia dan meningkatkan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online. DANA menawarkan berbagai fitur yang membuatnya menarik bagi pengguna, mulai dari kemudahan pengguna hingga transaksi yang cepat dan aman.

DANA : Fitur-Fitur Yang Terdapat Dalam Aplikasi DANA

Walaupun DANA sudah memberikan konsep yang berbeda dengan e-wallet yang sudah ada di Indonesia sebelumnya, tidak hanya itu DANA juga mengembangkan fasilistas serta fitur pembayaran dengan membuat metode baru yaitu pemindaian QR Scan Code. Fitur itu memudahkan konsumen dalam menggunakan DANA dan sangat user friendly. Pengguna cukup membuka aplikasi DANA pada smartphone dan tekan 'pay' yang berlogo QR Code yang terdapat dibagian bawah aplikasi, kemudian layar ponsel ditempelkan pada mesin yang disediakan.

Berikut adalah penjelasan mengenai fitur payment pada DANA :

Transfer uang : DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang ke sesama pengguna DANA atau ke rekening bank lainnya. Transfer uang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu antri di bank.

  • Pembayaran tagihan : Pengguna DANA juga dapat membayar tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, dan tagihan internet. Pembayaran tagihan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa perlu antri di loket pembayaran.
  • Belanja online : DANA dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai toko online, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. Pengguna DANA dapat mengisi saldo DANA terlebih dahulu dan melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat.
  • Belanja offline : Selain untuk belanja online, DANA juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai toko fisik, seperti restoran, minimarket, dan sebagainya. Pengguna DANA dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat dengan menggunakan fitur Scan QR Code atau NFC (Near Field Communication).
  • Top up : DANA juga memungkinkan pengguna untuk melakukan top tup saldo DANA dengan mudah. Saldo DANA dapat diisi melalui transfer bank, kartu kredit, atau dompet digital lainnya.
  • Transaksi antar e-wallet : DANA juga memunkinkan pengguna untuk melakukan transaksi antar e-wallet seperti OVO, Gopay dan lainnya.

Aplikasi DANA memiliki beberapa menu beranda, diantaranya :

  • Beranda : Menu ini berisi informasi terkini mengenai promo-promo dan kegiatan terbaru dari DANA, serta menu-menu utama lainnya. Fungsi nya memperlihatkan informasi terkini seputar promo-promo dan kegiatan terbaru dari DANA, serta memberikan akses menu utama lainnya.
  • QR Scan : Menu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cara melakukan Scan Barcode QR yang tertera pada toko atau merchant yang bekerja sama dengan DANA.
  • Transfer : Menu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang ke akun DANA lainnya, baik itu akun DANA di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Top up : Menu ini digunakan untuk melakukan pengisian saldo DANA, baik melalui transfer bank, kartu kredit, maupun gerai-gerai retail yang telah bekerja sama dengan DANA.
  • Tagihan : Menu ini memudahkan pengguna untuk membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon, BPJS, dan sebagainya.
  • Riwayat : Menu ini memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat transaksi yang telah dilakukan, baik itu transaksi transfer, pembayaran tagihan, maupun top up saldo DANA.
  • Akun & profile : Menu in terdapat beberapa fitur memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengubah data DANA personal dan DANA bisnis.
  • Pocket : Di dalam menu ini kita dapat menggunakan voucher untuk mendapatkan bonus saat membeli sesuatu, kita juga dapat mencari voucher yang tersedia di digital voucher, dan juga kita dapat melihat riwayat voucher yang kita gunakan. Menu pocket in kita bisa membuat kartu "loyalty" yang dimana kartu tersebut dapat memberi keuntungan berlipat saat kita transaksi dimerchant tertentu. Kita juga akan mendapatkan poin loyalty yang dimana kita bisa menukarkan poin tersebut dengan hadiah-hadiah yang menarik.
  • Saya : Pada menu ini terdapat informasi tentang akun dan profile pengguna, serta terdapat akses ke beberapa fitur menu. Menu ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu "DANA Personal" dan "DANA Bisnis".
  • DANA personal : Pada menu ini pengguna dapat meliha foto profil, nama, nomor ponsel, kode QR, saldo DANA, DANA goals, Rek. Keluarga, eMAS, dan pengguna dapat meliha jumlah keluar masuknya uang.
  • DANA bisnis : Menu in memungkinkan pengguna dapat melihat foto profil, nama bisnis, tingkat keanggotaan, kode QR bisnis dan saldo bisnis. Pengguna juga dapat melakukan penarikan saldo dan melihat uang yang dapat ditarik serta uang yang sedang proses penarikan. 

Perkembangan industri finansial teknologi di Indonesia sudah semakin masif. mulai bergesernya kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan yang cepat, aman, dan modern menjadi salah satu faktor utama terus membesarnya industri tersebut. Pengguna metode pembayaran digital di Indonesia membuat masyarakat tertarik dan beralih ke pembayaran digital.

Layanan pembayaran digital di Indonesia, salah satunya DANA ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk semua transaksi digital nontunai, baik secara online maupun offline. Salah satu alasan mengapa masyarakat memilih aplikasi DANA sebagai metode pembayaran dikarenakan, aplikasi DANA memberikan layanan yang baik bagi penggunanya, melalui teknologi dan fitur yang diberikan.

DANA menggunakan teknologi terdepan dan tim yang kompeten agar pengguna memiliki pengalaman bertransaksi digital yang aman, nyaman, dan mudah. Kelengkapan fitur layanan pada DANA merupakan aplikasi dengan kemampuan teknologi dengan pertimbangan untuk melakukan transaksi dalam fasilitasnya.

Layanan ini tidak harus bertemu dengan customer service atau teller dan dalam penggunaanya harus dipertimbangkan pengguna melalui transaksi secara online maupun offline. Fasilitas yang dimiliki yaitu fitur kirim DANA, fitur minta DANA, fitur top up, dan lain-lain. Fitur layanan dari aplikasi DANA dibuthkan fitur yang lengkap agar kebutuhan dari pengguna dapat melakukan transaksi agar bisa terpenuhi dan memiliki keamanan yang tinggi saat menggunakan aplikasi tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun