Seperti kita tahu, masakapai “plat merah” tersebut harus diakui dalam kualitas dan pelayanan. Tapi tidak dengan hari ini. Pagi ini saya dikejutkan dengan panggilan masuk dari pelanggan yang akan melakukan penerbangan dari Ambon ke Makassar via maskapai Garuda Indonesia.
Penumpang yang telah memegang kode booking bergegas menuju konter Garuda Indonesia di Bandara Pattimura, Ambon. Alangkah kagetnya sang penumpang mendengar bahwa kode booking tersebut belum lunas alias masih dalam status booked dan telah melewati time limit. Sontak sang penumpang menghubungi temannya (yang dari teman inilah, penumpang membeli tiket). Petugas di konter tersebut bahkan meminta penumpang untuk membeli tiket baru yang harganya lebih mahal dari harga sebelumnya. Karena dalam keadaan berduka dan ingin segera melayat keluarga di Makassar, terpaksalah membeli ulang tiket di konter Garuda Indonesia saat itu juga.
***
Saya sebagai pengelola travel (yang meng-issued tiket) sontak merasa kaget. Baru kali ini reservasi tiket maskapai sekelas Garuda Indonesia menolak tiket penumpang. Saya lalu cek dalam sistem reservasi saya dengan menghubungi admin (ask help desk) dan jawabannya jelas. Tiket sudah ter-issued pada tanggal 08 April 2014 jam 22.47 WITA.
***
Saya lantus mengunduh file kiriman dari admin tentang status tiket yang bermasalah tersebut.
***
Saya juga mencoba melakukan cek di website resmi Garuda Indonesia. Dan setelah memasukkan kode booking, muncullah gambar ini.
Kerugian berada di pihak travel dan penumpang pastinya.
Saya masih menunggu konfirmasi dari Garuda Indonesia.
semangat pemilu :D
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H