[caption id="attachment_214869" align="aligncenter" width="350" caption="Sumber gambar: http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=17479"][/caption]
Kita pasti sering kali harus berhadapan dengan kantor-kantor layanan masyarakat untuk mengurus berbagai kepentingan. Keribetan saat mendatangi kantor-kantor layanan ini pun beragam. Beberapa diantaranya seperti yang dialami Mbak Uni pemilik Kafe Kancing Lepis berikut ini:
Perusahaan Air Minum (PAM) Disaat lagi ramai-ramainya pelanggan di Kafe Kancing Lepis, tba-tiba datang orang mau nyegel PAM sebut saja namanya Mas Katrow. Mbak Uni: Ada apa nih kok dateng-dateng mau nyegel PAM saya? Mas Katrow: Maaf ya Bu, ibu nunggak belum bayar. Mbak Uni: Loh saya baru bayar kok kemaren. Mas Katrow: Bukan tagihan yang bulan Agustus Bu.. Tapi bulan Juni.. Ibu harus bayar ke kantor sekarang, kalau nggak terpaksa saya segel. Mbak Uni: Bulan Juni? Masak sih? Dan Mbak Uni pun buru-buru ke kantor PAM, yang kemudian di layani oleh Bu Itje (bukan nama sebenarnya. hihihi). Mbak Uni: Kok saya bisa kelewat yang bulan Juni yaa? Kayaknya saya selalu bayar deh. Bu Itje: Mungkin ibu lupa. Mbak Uni: Hmmm.. Gimana nggak lupa, pas tagihan dateng nunggu dulu berapa hari baru bisa bayar. Terus kenapa saya bayar di ATM nggak langsung di rapel aja? Mana bayar lewat bank sering error. Bu Itje: Makanya bayar manual dong buuu... Mbak Uni mulai emosi: Lah setahun lalu, saya terlambat bayar malah di suruh autodebet ke Bank, sekarang disuruh manual. Gimana sih? Bu Itje: Terus kenapa ibu nggak autodebet? Mbak Uni: Bu inget nggak, waktu itu ibu bilangnya, "Bu autodebet di bank aja lebih gampang. Hampir semua bank bisa kok.." Terus pas saya tanya, "Pakai Bank ABC bisa nggak Bu?" Inget nggak apa yang ibu bilang? Bu Itje: Emang saya bilang apa? Mbak Uni: Ibu bilang, "Kalau Bank itu nggak bisa, tadi kan saya bilangnya hampir semua Bank, jadi yah ada Bank yang nggak bisa..." Rrrrgh.. Padahal Bank ABC nasabah paling banyak. Bu Itje: Ya maap.. Mbak Uni: Rrrrgh ampun daaaah nggak profesional banget. Bu Itje: *derita lu* Polsek Pagi-pagi Mbak Uni dikejutkan, motor delivery Kafe hilang. Heran ada di dalam Kafe kok tetep di gondol maling. Berhubung motor tersebut di asuransi, jadi Mbak Uni nggak terlalu khawatir. Yang penting lapor polisi, urus surat blokir STNK dan surat kehilangan. Lalu pergilah Mbak Uni ke Polsek setempat. Mari kita beri nama Pak Polisinya Bapak Jepe. Mbak Uni: Saya lapor kehilangan motor Pak. Lalu mulailah Pak Jepe mengintrogasi minta detail kejadian dan lain-lain, kemudian Pak Jepe pun menutup sesi wawancara dengan kalimat, "Ibu mau saya urus surat-suratnya sampe ke Polda nggak? Kalau iya cukup bayar 1,5juta." Mbak Uni: Apa? Ya ampyuuun Pak Jepe plis deh, saya lagi kemalangan malah dimintain duit. Pak Jepe: Loh Ibu kan bakalan terima duit dari asuransi, ya bagi-bagi rezeki laah.. Mbak Uni: Hah? Rezeki? Uang dari asuransi itu belum tentu cukup buat beli motor lagi Pak.. *ngomong sambil melotot* Pak Jepe: Yah kalau nggak mau sampe Polda nggak papa.. Surat yang dari Polsek biayanya 500ribu. *ngomong sambil gigit kuku* Mbak Uni: *semaput* Kantor Pelayanan Pajak Mbak Uni pagi-pagi udah dandan mau ke kantor Pajak nyerahin SPT Tahunan. Ini sudah tahun ketiga Mbak Uni selalu bikin SPT sendiri dan nyerahin sendiri. Setibanya di kantor Pajak, Mbak Uni jadi senang, tahun ini nggak kayak tahun-tahun sebelumnya yang harus ngantri panjaaaaang sampai 2 jam belum juga di panggil. Tahun ini pegawai Pajak nya lebih banyak yang membantu melayani. Terlihat beberapa tampak masih baru jadi pegawai Pajak. Kemudian no antrian Mbak Uni pun dipanggil. Mbak Uni pun dilayani oleh pegawai yang kita panggil aja Babeh. Babeh: Bu, saya periksa dulu ya SPT nya.. Tak berapa lama kemudian, Babeh nanya: Bu, ini kok PTKP nya 33 juta? Mbak Uni: Oh iya Pak, itu saya SPTnya SPT gabungan dengan suami, jadi itu PTKP suami istri 33 juta. Babeh: Wah nggak bisa gitu Bu. PTKP orang yang sudah menikah 15 juta. Jadi walau SPT digabung ini PTKP nya harusnya tetap 15 juta. Mbak Uni: Maaf ya Pak. Pertama saya buat SPT ini udah kali yang ketiga dan dua tahun sebelumnya nggak ada masalah. Yang kedua saya download software dari www.pajak.go.id, begitu saya isi lampiran I sampai IV, itu PTKP otomatis terisi 33 juta, jadi itu bukan saya yang ngetik, tapi softwarenya sendiri yang ngeluarin angka segitu. Babeh: Oh gitu bu.. *Baca buku aturan Pajak, bolak balik* Mbak Uni mikir, ya ampun nih orang baru belajar apa gimana, dulu pas pelajaran masalah PTKP pasti dia bolos. Hihihi. Akhirnya setelah beberapa menit dan tampaknya Babeh pun sudah capek bolak balik buku panduan SPT, Babeh buka suara: Ya udah deh bu, saya kurang tau masalah ini, nanti saya tanya atasan saya dulu. Kalau salah, saya nggak tanggung ya bu. Nanti SPT nya dibalikin. Mbak Uni: Nggak masalah Pak.. *sambil senyum nyengir* *Payah banget masak pegawai Pajak nggak tau aturan PTKP* e-KTP Malam hari tumben-tumbennya Pak RW mampir ke Kafe Kancing Lepis. Kali ini kita sebut aja Pak RW nya Mbah Jenggot. Mbak Uni: Tumben nih Pak RW dateng kesini. Mau minta sumbangan yaa? Mbah Jenggot: Wuiiih jangan nuduh. Saya cuma mau kasih surat pemberitauan kalau e-KTP nya udah jadi, bisa diambil ke kelurahan. Mbak Uni: Oooo gituu.. Ok deh Pak.. Mbah Jenggot: Nanti kalau orang kelurahan minta uang, jangan mau yaa.. Bilang aja, ngurus e-KTP kan gratis. Mbak Uni: Ok deh Pak. Keesokan harinya Mbak Uni datang ke kelurahan, lalu dilayani oleh pegawai kelurahan yang nyetrik. Pegawai kelurahan ini enaknya di panggil Pak Dulkemit. Mbak Uni: Maaf Pak, saya mau ambil e-KTP saya katanya udah jadi. Pak Dulkemit: Oh iya bu, atas nama siapa? Mbak Uni: Mbak Uni Pak Dulkemit: Sapa Bu? Mbak Umi? Mbak Uni: Bukaaaan... Mbak Uni.... *melotot.. biji mata sampe sebesar kancing lepis* Pak Dulkemit: Ooo Maaf, Bu Mbak Uni. Selang sekedipan mata, Pak Dulkemit datang membawa e-KTP Mbak Uni. Pak Dulkemit: Ini Bu e-KTP nya. Biayanya 50 ribu. Mbak Uni: Loh e-KTP kan gratis. Pak Dulkemit: Ya udah bu. Sumbangan sukarela aja. Mbak Uni: Ih males banget. Orang kata Pak RW saya gratis, terus saya nggak boleh bayar apa-apa. Kalau nggak minta aja uangnya ke Pak RW. Pak Dulkemit: Siapa sih bu RW nya? Mbak Uni: Mbah Jenggot. Pak Dulkemit: Oh Mbak Jenggot. Awas tuh orang, nanti malem saya jamin jenggotnya tinggal kenangan. Mbak Uni: Hihihi salam ya Pak buat jenggotnya Pak RW. Pak Dulkemit: Eeeeeeerrrrrgggghhhh... Demikianlah beberapa pengalaman Mbak Uni saat harus mengurus berbagai hal ke kantor-kantor layanan masyarat. ___ Tulisan ini berasal dari Kantor Layanan @KoplakYoBand Catatan: Semua diambil dari kisah nyata, hanya nama-nama orang disamarkan plus ditambah sedikit bumbu biar gurih rasanya. Hihihi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H