Mohon tunggu...
Cut mila Firnanda Diasty
Cut mila Firnanda Diasty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi:Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Psikologi Pendidikan dalam Pengembangan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah

5 Oktober 2024   02:30 Diperbarui: 5 Oktober 2024   02:36 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengembangan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI)adalah bagian yang paling penting dalam pengembangan karakter siswa di sekolah karena pengembangan karakter tersebut sangat berpengaruh bagi siswa di sekolah untuk mengembangkan karakter Meraka menjadi lebih baik dan mengajarkan kepada siswanya kepada hal hal yang baik.Sehingga siswa tersebut bisa mengetahui karakter yang baik dan buruk,siswa di madrasah memiliki karakter yang berbeda beda sehingga tidak ada yang memiliki karakter yang sama.

Tujuan pembentukan karakter adalah untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan sesuai nilai nilai ajaran agama Islam ,dan juga bisa menciptakan moral bagi siswa di madrasah agar menjadi generasi yang berakhlak mulia dan moral yang baik agar bisa mengetahui hal hal yang di anggap buruk.

Dalam pengembangan karakter guru bisa memahami masing masing karakter siswa di madrasah dan guru bisa dengan mudah mengajarkan moral dan nilai nilai luhur yang baik untuk siswa dan juga guru mengajarkan etika yang baik sehingga siswa bisa berperilaku baik dan tidak melakukan perilaku yang buruk , dengan demikian siswa menjadi lebih terdidik dengan adanya pengembangan karakter.

Pengembangan karakter di madrasah juga mengajarkan siswa untuk berperilaku jujur dan bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan yang di perbuat siswa tersebut,oleh karena itu guru juga harus mengajarkan siswa untuk berperilaku jujur dan tanggung jawab, sehingga membuat siswa menjadi lebih terlatih dan terdidik untuk selalu berperilaku jujur dan bertanggung jawab,siswa juga menjadi lebih baik dan memiliki moral yang baik dan sesuai nilai nilai luhur.

Lingkungan belajar yang positif juga dapat mendukung siswa dalam pembelajaran yang positif serat dapat menerapkan karakter siswa yang positif dan mendapatkan ajaran yang positif dalam lingkungan belajar tersebut sehingga siswa menjadi lebih terdidik dan terlatih untuk selalu berperilaku baik serta selalu berkata jujur apabila siswa tersebut melakukan kesalahan yang di perbuat.dan siswa tersebut juga dapat terhindar dari berbohong 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun