Ketika menjalankan sebuah bisnis ada bagian yang paling penting yaitu visual branding agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik. Walaupun bagi beberapa pebisnis hal ini masih jarang diketahui, tetapi cukup efektif ketika menjalankan sebuah bisnis.
Setiap bisnis memiliki identitas yang jelas dan bisa Anda lihat dari beberapa hal seperti bagaimana cara pebisnis packaging produk, logo perusahaan, dan merek dagang. Hal tersebut yang membantu meningkatkan penjualan karena berhasil menarik perhatian konsumen.
Pengertian Visual Branding
Seorang pebisnis harus tahu apa yang dimaksud dengan visual branding yang sudah dikenal sejak zaman Romawi dan Yunani. Pada zaman dulu, banyak toko yang memasang gambar untuk menginformasikan produk apa saja yang dijual di toko tersebut.
Hal ini yang kemudian menjadi pelopor bagaimana sebuah logo dapat membedakan satu toko dengan toko lainnya sehingga menjadi ciri khas tertentu. Pengertian brand adalah logo atau merek yang menjadi ciri khas dan identitas dari bisnis tersebut.
Adapun visual adalah tampilan yang bisa menggambarkan suatu merek tersebut, jadi artinya adalah tampilan dari sebuah merek perusahaan dengan tiga komponen utama. Komponen tersebut adalah komposisi, warna, dan brand yang bisa memberikan nilai tambah agar konsumen tertarik.
Keuntungan Visual Branding
Walaupun Anda merupakan seorang pebisnis baru, tetap harus mencari tahu apa saja keuntungan dari adanya visual branding untuk perusahaan yaitu sebagai berikut.
Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan dari Suatu Bisnis
Keuntungan pertama adalah bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari sebuah bisnis. Meningkatkan kepercayaan dari masyarakat dapat meningkatkan value dari perusahaan tersebut.
Jadi, konsumen akan terus menerus menggunakan produk tersebut karena suka dengan branding. Konsumen yang merasa nyaman dengan produk Anda tidak akan beralih ke produk lainnya.
Menjaga Identitas Brand Perusahaan
Selain itu, keuntungan lainnya adalah untuk menjaga identitas brand milik perusahaan tersebut. Hal ini karena perusahaan tidak mengalami krisis identitas dan konsumen tidak akan mempersepsikan perusahaan Anda dengan hal-hal negatif.
Banyak perusahaan yang melakukan improvisasi agar persepsi konsumen selalu mengarah ke hal positif. Caranya adalah dengan memberikan potongan harga besar-besaran, mengadakan berbagai event, memasang iklan di media online dan media cetak, dan masih banyak lagi.