Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menulis di Kompasiana, Salah Satu Trik Membangun Personal Branding

11 Juni 2021   16:55 Diperbarui: 11 Juni 2021   17:10 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sudah menulis sejak di bangku kuliah. Saat itu saya bergabung dalam tim majalah Seminari Tinggi Santu Mikhael Penfui Kupang, namanya Veritas. Dari situlah saya mulai mengembangkan bakat menulis.

Seiring berjalannya waktu, saya pun dipercayakan memimpin majalah Keuskupan Atambua. Dari situlah saya mulai menemukan passionku dan mengembangkannya.

Memang, membangun personal branding, tentu tidaklah mudah. Gampang-gampang susah. Butuh trik yang jitu agar bisa berkembang dengan baik.

Tahun 2019 yang lalu, saya kembali menemukan jati diri saya, dalam dunia tulis-menulis, saat saya bergabung di kompasiana. Awalnya saya mulai dari hal yang biasa--bisa saja, misalnya menulis puisi, refleksi, sekedar menghidupkan kembali minat saya dalam dunia tulis-menulis.

Perlahan-lahan saya mulai mencintai passion ini, dan mulai aktif menulis. Rasanya semakin hari makin asyik, dan saya sungguh menikmatinya.
Buktinya, semenjak 2019 hingga saat ini saya sudah memposting 1975 artikel, 960 di antarnaya adalah tulisan pilihan.

Puncaknya saya juga menerbitkan sebuah buku motivasi dengan judul "Jalan Pulang."

Saya sadari bahwa semuanya tidak sekali jadi. Butuh proses dan ketekunan. Kita tidak akan sukses bila kita tidak memulai. Demikian pula, kita juga tidak akan mahir bila kita tidak mencoba berulang-ulang. Kata pepatah, "Ala Bisa karena Biasa."

Jadi bagi saya, menulis di kompasiana adalah bagian dari mengembangkan jati diri, sosialisasi diri ke publik secara bermartabat. Dari waktu ke waktu saya menyadari semakin berkembang. Banyak orang yang tertarik membaca tulisan saya, dan juga membagikannya.

Sesungguhnya ada 3 hal yang saya geluti dalam membangun personal branding

foto.dok.pribadi
foto.dok.pribadi
1. Mengenali siapa diri saya. 

Lewat menulis di kompasiana, saya pun semakin mengenal diri, bahwa ternyata saya juga bisa mengaktualisasikan diri ke publik lewat menulis. Menulis bukan untuk show, tetapi lebih pada aktulisasi diri dan belajar. Dengan menulis kita mendapatkan banyak hal, termasuk menambah wawasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun