Landasan Teori
Ketua              : Reyfilda Welman (2431.11.005)
Anggota          : Bayu Wahyudin (2431.11.009)
Hanna Oktaviani (2431.11.010)
Irmalia Fitriani (2431.11.018)
Kelas               : Ground Handling 2011
·Dokumen merupakan surat berharga untuk memenuhi persyaratan dalam transaksi perdagangan internasional, yang tercantum dalam Letter of Credit. Dan Letter of Credit merupakan kelanjutan dari terbitnya perjanjian tertulis kontrak dagang (sales contract), yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (Eksportir dan Importir).untuk mengirim barang mula-mula mempersiapkan barang yang ready for export, melakukan booking atau memesan ruangan kepada perusahaan penerbangan, eksportir kemudian mengurus formalitas ekspor seperti mengisi pemberitahuan ekspor barang, membayar Pajak Ekspor (PE) dan pajak ekspor tambahan, mengurus izin muat kepada kantor inspeksi bea dan cukai kemudian eksportir menyerahkan barang kepada perusahaan pelayaran untuk dimuat pada waktu yang disepakati
(buku Pedoman Transaksi Eksport&Import menurut H. Djauhari Ahsjar, SH.,S.Sos.,M.Si)
·Proses Dokumentasi adalah proses pembuatan dokumen yang dilakukan oleh pihak airlines atau Ground Handling terhadap proses pengiriman cargo disini khususnya cargo export. Proses dokumentasi yang dikerjakan diantaranya adalah SMU/AWB, Packing List, PEB, Manifest, dan NOTOC, yang didalamnya terdiri dari Comercial Invoice, Shipping List / Packing List, Bill of Lading, Certificate of Origin, Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Kontrak Penjualan.
Dan alasan mengapa kelompok kami mengambil Proses Dokumentasi sebagai landasan teori karena kami ingin mengetahui bagaimana system atau cara kerja pembuatan surat perjanjian yang nantinya akan menjadi dokumen dalam perdagangan Export.
(http://www.anneahira.com/dokumen-ekspor-impor.htm)
·ISO 9001:2000
Alasan mengapa kelompok kami menggunakan ISO 9001:2000 karena ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk management dan controlling organisasi dalam hal mutu yang biasa disebut SMM. Suatu sistem manajemen mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/ atau jasa) terhadap kebutuhan tertentu, yang ditentukan oleh pelanggan dan organisasi.
Dan dibalik itu semua standar ISO 9001:2000 telah memberikan manfaat kepada perusahaan – perusaahaan seperti meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan mutu yang terorganisir dan sistematik, meningkatkan mutu dan produktivitas dari manajemen, perusahaan terdaftar pada Lembaga Sertifikasi, diaudit secara periodik dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting ISO telah diadopsi oleh lebih dari 150 negara didunia dan lebih dari 200.000 organisasi pemerintah dan swasta di dunia telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000.
·Ketika maskapai penerbangan menggunakan sistem otomatis untuk mengeluarkan Air Waybill, itu berarti mereka harus mengeluarkannya dalam satu set sembilan bagian dan warna. Kenapa harus dibahas dalam landasan teori karena mengetahui dokumen dokumen apa saja yang diperlukan dalam prosess export barang, dan agar tidak terjadi kesalahan didalamnya.
Berikut adalah ke 9 bagian dan warna tersebut :
1.Original 3 (for shipper) – biru
2.Copy 9 (for agent) – putih
3.Original 1 (for issuing carrier) – hijau
4.Original 2 (for consignee) – pink
5.Copy 4 (delivery receipt) - kuning
6.Copy 5 (bandara tujuan) – putih
7.Copy 6 (for third carrier) – putih
8.Copy 7 (for second carrier) – putih
9.Copy 8 (for first carrier) – putih
(AIR WAYBILL HANDBOOK)
Document is valuable mail to comply a requirement in international trade transaction which included in the Letter of Credit. And the Letter of Credit is a continuation of the trade publication written agreement contract (sales contract), which has been agreed by both parties (Exporter and Importer). To send the goods initially prepare the goods ready for export, books or book a room at the company flight, then take care of exporter export formalities like filling in the export of goods, pay export tax (PE) and additional export taxes, take care of the work load permits customs inspection then exporter submit goods to the shipping company to be loaded at an agreed time.
(Transactions Handbook Export & Import by H.Djauhari Ahsjar, SH., S.Sos., M.Si)
Documentation process is a process how to make the document by airlines side or Ground Handling for cargo delivery process especially export cargo. Documentation process which handled such as SMU/AWB, Packing List, PEB, Manifest, and NOTOC, which involves a series of Commercial Invoice, Shipping List / Packing List, Bill of Lading, Certificate of Origin, Export Declaration (PEB) and Contract Sales .
And the reason why our group took the documentation process as the theoretical basis because, we want to know how the system or how the making of the agreement which will be a document in Export trade.
(http://www.anneahira.com/dokumen-ekspor-impor.htm)
The reason from our group used ISO 9001:2000 because ISO 9001:2000 is international standard for management and organization control in the customary which called SMM. Top of Form
A quality management systemis a set of documented proceduresandstandard practices for themanagementsystemto ensure the suitabilityof a processand aproduct(goods/or services)toa particular need,whichis determinedby the customerand the organization.
Andbehind it allISO9001:2000standardhas provided benefitsto the company-enterprise IT such asimprovecustomerconfidence and satisfactionthroughquality assuranceorganized andsystematic,improve quality andproductivityof themanagement, the company islistedonthe Certification Body,periodicallyauditedand much more.And mostimportantlyISOhas been adoptedby over 150countries around the world and more than 200,000public and private organizationsaround the world haveobtained ISO9001:2000.
When the airlines using automatic system to issue the Air Waybill , they must pull it out in a set of nine parts and color . Why must be explained in the theoretical basis? Because to know the kind of document which needed in export process, and to prohibit come to pass mistake in there.
This is the parts and colors :
1.Original 3 (for shipper) – blue
2.Copy 9 (for agent) – white
3.Original 1 (for issuing carrier) – green
4.Original 2 (for consignee) – pink
5.Copy 4 (delivery receipt) - yellow
6.Copy 5 (bandara tujuan) – white
7.Copy 6 (for third carrier) – white
8.Copy 7 (for second carrier) – white
9.Copy 8 (for first carrier) – white
(AIR WAYBILL HANDBOOK)