Mohon tunggu...
Deny Rosadi
Deny Rosadi Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Bersyukur dahulu baru kemudian Bahagia, jangan dibalik.

Selanjutnya

Tutup

Money

Ice Breaking "Jujur"

6 Agustus 2014   19:29 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:16 2493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1407302941703576568

Ice Breaking atau pemecah kebekuan, istilah yang sering digunakan untuk trainer (sebutan pengganti guru dalam kelas training) yaitu berupa games atau permainan yg amat efektif untuk membakar kembali semangat peserta yang kendor. Ice Breaking tidak mesti ditengah waktu saat peserta mulai suntuk atau terlihat boring, Ice Breaking bisa dimainkan diawal untuk mencairkan suasana.

Berikut saya mau share games yg sering saya mainkan saat ingin menyampaikan insight mengenai kejujuran. Saya coba urutkan cara memainkan ice break ini.

Pertama, Anda mulai memilih atau sebisa mungkin sudah memegang salah satu peserta yang Anda incar atau bisa juga mempersilahkan salah seorang peserta maju kedepan. Kemudian berikan instruksi yang terus diulang-ulang, sbb :

"Baik mas. Begini gamesnya: Apapun pertanyaan yg saya ajukan jawab saja dengan IYA, sekali lagi saya ulangi Jawab setiap pertanyaan yang saya ajukan dengan jawaban IYA"

"Oke siap ya kita mainkan ya"

"Sebelumnya dengan Mas siapa namanya?"

"Nama Saya Agus"

"Oke teman-teman sekalian, kita punya teman yang ganteng yang sudah mau menjadi relawan, namanya Mas Agus, saya yakin mas Agus ini orang baik, penyayang keluarga dan yang terpenting ia orang yang terbuka dan jujur", prolog saya.

Games pun dimulai.

"Sekarang perhatikan baik-baik wajah Mas Agus ini. Perhatikan raut wajahnya raut muka nya, perhatikan dan cermati baik-baik. Lihat wajahnya apakah Mas Agus ini berbicara jujur atau berbohong?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun