Mohon tunggu...
Laily NurAzizah
Laily NurAzizah Mohon Tunggu... Petani - Si perempuan Sulung yang ingin membuktikan takdirnya

Agribussiness, University of Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Urgensi untuk Mengetahui Teori Perilaku Konsumen?

20 Februari 2024   15:23 Diperbarui: 20 Februari 2024   17:19 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manfaat yang diperoleh dari mengkaji teori perilaku konsumen yaitu berkaitan dengan pelaku usaha dalam memulai suatu bisnis terutama pada bsnis di bidnag petanian. Era pemasaran saat ini berada pada era 4.0 yakni pemasaran produk dititikbberatkan pada pemenuhan keutuhan konsumen dnegan pemanafaatan berbagai teknologi yang terhubung dalam jaringan internet. 

Produk yang dihasilkan akan snagat dipengaruhi oleh konsumen, baik dari segi kebutuhan, selera, dan kesukaan yang beragam tiap individu. Namun seorang pengusaha harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dalam menciptakan suatu produk yang sesuai dnegan kebutuhan dan selera konsumen. Tidak hanya dari segi kualitas maupun kuantitas produk, aspek lain seperti harga, pelayanan, metode atau strategi pemasaran harus disesuaikan dnegan segmentasi pasar atau target konsumen.

Dengan memahami perilaku konsumen maka akan dipahami pula produk, harga dan cara pemasaran yang tepat sehingga produk dapat diterima serta terciptanya loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Misalnya perilaku konsumen saat masa pandemi lebih suka berbelanja online karena lebih hemat dari segi waktu dan tenaga serta keharusan untuk menjaga jarak sehingga marketplace atau e-commerce saat ini sangat ramai. 

Pelaku usaha harus pintar memanfatakan kesempatan dnegna menrepakan sistem pemasaran online mulai drai promosi melalui media sosial yang sering diakses oleh konsumen, promosi di instagram, konten tiktok, facebook, melalui endorsment, review dan sebagainya sehingga konsumen bisa tahu dan jangkauannya lebih luas. Perilaku lain mislanya perilaku konsumen akan gaya hidup sehat dan meningkatkan imun sehingga memerlukan produk kesehatan yang tepat, mislanya produk sari lemon, masker kesehatan, jamu herbal dan sebagainya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun