Marketing 4.0 adalah era pemasaran yang mengacu pada perilaku konsumen dnegna konspe pendekatan digital. Kerangka kerjanya yaitu 5A, Aware, appela, ask, act, advocate. Produsen akan mempromosikan suatu produk melalui digital marketing seperti di media sosial instagram, whatsapp, facebook, website, ataupun e-commerce.Â
Pengenalan produk akan memunculkan awarness atau kesadaran dalam diri konsumen jika produk tersebut sesuai dnegan kebutuhan dan keinginannya, konsumen akan tertarik dan menggali informasi lebih lanjut terkait detaail produk, harga, kualitas dan sbegainya, kemudiana selanjutnya jika sudah sesuai konsumen akan melakkukan pembelian barang tersebut.Â
Konsumen yang merasa puas dnegan produk yang dibeli dari segi kualitas maupun pelayanan saat transaksi yang diterima. Selanjutnya konsuemn akan mengadvoaksi orang lain melalui rekomendasi pembelian barang, review produk, endorsment (berbayar), dan sebagainya. Hal ini sering kita temui di media sosial apabila konsumen merasa puas maka kontent kreator akan mempromosikan atau merekomendasikan kepada followernya. Selain itu juga pemberian rating pada restoran, masrket place, ojol dan lainnya juga berguna bagi pengambilan keputusna konsumen lain dalam membeli barang tersebut.
Kaitannya pada bisis yang saya jalankan. Â Misalkan saya memiliki usaha boucket bunga segar . Sebelum itu saya akan melakukan penggalian informasi pasar dahulu, apa yang menjadi tren saat ini. Sehingga target konsumen saya pastinya adalah anak muda terutama mahasiswa dalam lingkup kota jember.Â
Usaha yang baru pastinya memerlukan promosi yang maksimal untuk memperkenalkan produk kita ke kalangan umum, apalagi dengan adanya pesaing produk sejenis maka kita perlu memunculkan keunikan dari produk kita Keunikan dari segi produk mislanya dengan melakukan variasi motif, kata2 Â dan hiasan sesuai permintaan konsumen. Ex : boucket bunga dapat dimodif dengan isian snack, keruudng, boneka, foto polaroid dan sebgainya.Â
Promosi dilakukan melalui media sosial instagram sehingga pemasrana juga dilakukan di instagram. Pelayanan konsumen perlu dimaksimalkan dengan menjawab setiap pertanyaan calon pembeli dnegan ramah,, jalinan dengan customer dapat dilakuakn dengan pengadaan kuis di isntastory, give away dan promosi pada awal penjualan, mislanya beli 1 gratis souvenir skruncy .Â
Pendekatan konsumen lainnya, dilakukan dengan melakukan promosi dari review review pelanggan awal dan membuat konten video kado wisuda menarik, kado ulang taun murah dan sebgainya. Â Stargei pemasrana tersebut snagat sesuai dengan perilaku konsumen saat ini yaitu suka bermain media sosial dan menyukai belanja online untuk kebutuhan yang praktis dengan pembayaran yang mudah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H