BAB 1. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pasar dalam arti sempit merupakan tempat terjadinya interaksi anatara penjual dan pembeli, namun secara luas pasar tidak hanya diartikan sebagai tempat berupa fisik, karena terjadinya transaksi dapat terjadi tanpa bertemu langsung. Hal ini sesuai dengan perkembangan teknologi, yang mana produsen tidak bertemu secara  langsung dengan konsumen.  seperti contoh pada jual beli secara online. Pasar muncul akibat adanya kebutruhan manusia yang harus dipenuhi dan seorang konsumen memiliki kemampuan untuk membeli. Konsumen akan mencari informasi untuk mempertimbangkan pembelian sesuai dnegan keinginannya, hal ini dapat dilakukan melalui pengetahuan sendiri, media dan lingkungan sekitar (Arfiyanti dan Rasmikayanti, 2018)
Pemasaran adalah kegiatan atau proses mengalirnya produk barang atau jasa dari produsesn ke konsumen yang melalui lembaga pemasaran dengan manjemen tertentu seperti perencanaan konsep promosi, distribusi, penetapan harga sehingga dan mencapai kepuasan konsumen melalui pemenuhan barang atau jasa yang diinginkan. Promosi sangat mempengaruhi tingkat pemasaran, karena dengan promosi konsumen akan mengetahui suatu produk dan lebih tertarik, hal ini sesuai dengan analisi yang dilakukan oleh Sa'diyah, dkk (2017) yang menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh secara parsial secara besar terhadap kuantitas terjualnya produk.
Agribisnis merupakan kegiatan usaha di bidang pertanian yang terdiri dari subsistem yang saling berkaitan satu sama lain. Pemasaran merupakan salah satu subsektor dalam agribisnis yang menjadi ujung tombak dalam usaha di bidang pertanian karena disitulah produsen memperoleh hasil berupa keuntungan. Realitanya pemasaran agribisnis di Indonesia masih kurang efektif. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasar dengan strategi pemasaran yang efektif agar produk pertanian kompetitif dan dapat diterima dengan baik.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana pentingnya pemasaran dan sistem agribisnis?
2. Â Bagaimana hubungan pemasaran dengan sistem agribisnis?
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui makna dari kegiatan pemasaran secara umum dan khusus dalam bidang agribisnis.