BAB 1. PENDAHULUAN
Menurut Halim (2018) Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang melakukan transakasi pertukaran barang atau jasa. Pasar secara luas mencakup smeua transaksi antara penjual pembeli baik dilakukan secra langsung bertatap muka dalam satu tempat maupun secara tidak langsung atau sering kita sebut pemasaran online (e-commerce).Â
Berkembangnya teknologi informasi yang semakin modern seperti media sosial, website, dan lainnya mendoorng munculnya marketplace yang mana seluruh transaksi dilakukan secara online melalui internet. Permintaan akan kebutuhan konsumen yang diikuti dnegna penawaran barang atau jasa oleh produsen akan membentyk mekanisme dan struktur pasar yang mana terjadi keseimbangan pasar yang menentukan harga suatu produk barang atau jasa.Â
 Menurut Sjaroni dkk (2019) Mekanisme pasar menyediakan informasi, merangsang kegiqtan usaha, penggunaan faktor produksi secara efisien dan memebrikan masyarakat kebebasan dalam melakukan penawaran maupun permintaan. Harga barang atau jasa tidak hanya ditentukan oleh pasar, ada beberapa produk yang harganya ditentukan langsung oleh produsen, hal ini terjadi pada struktur pasar monopoli yang mana hanya terdapat satu produsen yang menguasai permintaan pasar.Â
Hal tersebut mengakibatkan produsen dalam pasar monopoli bertindak sebagai price maker (pennetu harga pasar). Struktur pasar adalah  keadaan pasar yang menunjukkan aspek-aspek yang menjadi pembeda anatar bentuk pasar satu dnegan yang lain, seperti jumlah penjual dna pembeli, hambatan keluar masuk pasar, keragaman produk, penentuan harga dna keuntungan maksimum serta penguasaan terhadap pasar.  Selain itu ada beberapa jenis struktur lainnya yakni pasar persaingan sempurna, pasar monopolistik, pasar oligopoli dan pasar duopoli.
Struktur pasar tersebut berbeda satu sama lain dalam hal permintaan, penawaran, penentuan harga maupun keuntungan maksimum yang diterima oleh produsen.Penentuan harga pada masing-masing struktur pasar berbeda-beda, perusahaan harus menyesuaikan menyesuaikan dengan kondisi permintaan konsumen.Â
Informasi pasar snagat penting guan dijadikan sebagai dasar perumusan perencanaan produksi dan penentuan harga produk. Struktur pasar yang berbeda-beda mulai dari jumlah produsen, jum;ah konsumen, jenis produk, maupun kemudiahan keluar masuk pasar menjadi pertimbangan bagi perusahaan apakah dia termasuk pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, duopoli, monopolistik, atau monopsomi. Â Dua bentuk ekstrem pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli, namun diantara keduanya terdapat jenis dtruktur pasar lain. (Nuraini, 2016).
PEMBAHASAN
Pasar persiangan sempurna
Menurut Kennedy (2017) Pasar persaingan sempurna adalah suatu struktur pasar yang didalamnya terjadi persainga antar produsen secara sempurna dimana jumlah pembeli dna penjual snagat banyak. Penjual bertindak sebgaai price taker karen atidak bis amenentukan harga pasar. Barang yang diperjualbelikan dlaam pasar ini yaitu barang homogen sehingga subtitusi barang berpeluang besar.Â