Mohon tunggu...
Candika Putra Purba
Candika Putra Purba Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pengajar Bahasa Indonesia

Senang membaca karya fiksi Senang mendengarkan musik Senang dengan dunia fotografi Berjuang untuk menjadi manusia yang berguna 24 Tahun Guru SMP

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kalau Bingung Mau Menulis Apa

11 Mei 2022   08:08 Diperbarui: 11 Mei 2022   08:27 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Koleksi Pribadi

Haiiyahhh

Saat saya menuliskan tulisan ini, sebenarnya saya sedang berada dalam masa bingung. Saya bingung mau menuliskan tentang apa. Jikalau beberapa hari kemarin, saya selalu memiliki ide tulisan, topik permasalahan yang harus saya uraikan, namun hari ini tidak. 

Saya bangun tidak dengan ide yang cemerlang. Saya memulai aktivitas saya tanpa semangat dan antusias. Dan jika tulisan ini terlihat tidak rapi, sebenarnya itu adalah akibat dari kebingungan saya. Jadi mohon maafkan.

Jikalau kalian, para pembaca yang tidak kelihatan berharap jika tulisan ini akan memberikan cara jitu untuk menulis dalam kebingungan ide. Kalian salah besar. Saya tidak akan memberikan hal bermanfaat seperti itu di sini. Yang saya tulis di sini adalah curahan hati saya, suara hati saya karena tidak memiliki ide untuk menulis.

Berbicara mengenai ide. Saya sedikit merasa heran karena ide lebih sering hadir ketika saya tidak hendak menulis. Dalam artian, jika saya sedang melakukan hal-hal lain di luar menulis, saya selalu mendapatkan ide yang banyak. Dan kebodohan saya terletak ketika saya tidak mencatat ide-ide hebat itu. 

Memang, di beberapa momen, saya tidak mendapatkan fasilitas untuk mencatat ide-ide tersebut, namun ada juga momen yang mendukung saya, hanya saja saya tidak menuliskannya.

Sebenarnya banyak hal yang dapat dijadikan sebagai ide. Biasanya, saya menulis mengenai hal yang saya temukan dalam kehidupan saya. Tentang guru, tentang pendidikan, keluarga, kesehatan mental, sosial, kesibukan maupun hal lucu yang saya temukan dalam kegiatan pembelajaran saya. 

Kemudian setelah mendapatkan ide, saya akan mulai menulis. Dalam kegiatan menulis, saya tidak terlalu memperhatikan bahasanya lagi. Ketika, jari saya sudah mulai mengetik, saya hanya berusaha agar apa yang ada di kepala saya tidak hilang, saya berusaha untuk terus mengetik. Dan ketika sudah selesai mengetik, saya akan mengunggahnya secara cepat, tanpa memikirkan bahasa dan kontennya.

Itulah yang saya rasakan sekarang. hahahahahh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun