memanaskan mesin sebelum dipakai mungkin hal yang sudah ditinggalkan bagi sebagian orang diera injeksi khusus nya pada motor, tapi bagaimana sih sebenarnya keperluan memanaskan motor
dalam kondisi diam, setelah masuk ke garasi, komponen pada mesin tentu mengalami perubahan suhu yang biasanya dipacu pada kecepatan tinggi menjadi dingin, dimana pada kondisi ini pelumas menjadi kental , karburator mengenbun dan beberapa kotoran menempel di komponen, sisa dari pembakaran mesin serta kotoran dari luar setelah dipakai seharian
dari sini lah timbul nya gejala kurang maksimal nya mesin dalam posisi dingin langsung dipakai kecepatan tinggi yang berakibat brebet ataupun mati nya mesin, karena tidak idealnya kondisi komponen tertentu, sehingga diperlukan pemanasan pada mesin dalam waktu minimal 2-5menit sebelum dipakai pada mesin konvensional/karburator.
umumnya motor konvensional/karburator dipanaskan dengan cara
men-nyelah motor pada posisi kunci kontak off lalu tuas choke ditarik kemudian merubah kunci kontak menjadi on dan diselah kembali untuk menyalakan mesin.. menarik choke bertujuan agar suplay bensin menjadi gemuk, karena suhu pagi hari cukup dingin membuat debit bensin menjadi kurus, sehingga tidak bisa terbakar oleh percikan busi.
tapi pada era injeksi choke manual sudah diupgrade dan dikontrol oleh ECU, ECU pun mendapatkan informasi suhu mesin dan oli melalui sensor EOT yang bikin mesin jadi gampang dihidupkan.
terus kalo mesin mudah dihidupkan kenapa meski dipanaskan..?
nah, inilah yang menjadi perdebatan, dirasa mesin mudah dihidupkan jadi tidak perlu memanaskan motor.
tapi itu tidak tepat, sensor-sensor juga cuaca luar perlu diperhatikan, karena dalam posisi off sensor belum secara akurat mengirim sinyal pada ECU,
tetapi pada motor injeksi memanaskan mesin jadi lebih cepat, minimal 30detik-2menit motor sudah bisa dipakai, dengan bertujuan untuk memaksimalkan kinerja motor
tapi selama ini saya nyalakan motor langsung dipake bisa aja mas,
awal nya memang seperti tidak terjadi sesuatu, untuk jangka panjang sendiri ini akan mengakibatkan mal fungsi pada sensor dan ECU, gejalanya ialah motor tidak responsif saat gas ditarik, timbul brebet pada awal motor dihidupkan.
halo, bagaimana motor mu..? apa sudah dipanaskan sebelum dipakai..?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H