Suatu kali saya berkomentar pada istri saya ketika melihat sebuah toko roti langganan saya membuka cabang dekat dengan rumah saya, “ Wah asik, nih. Kita nggak usaha jauh-jauh pergi kalau mau membeli roti coklat”.
“ Ya, pa. Kapan kita singgah, nih?”, jawab istri saya dengan mata berbinar.
Mengapa kami begitu gembira dengan kehadiran toko roti tersebut? Karena kami tidak saja bisa mendapatkan roti-roti yang memanjakan lidah. Tapi kami merasa bahwa produk dari toko tersebut sudah menjadi bagian momen terpenting dalam kehidupan kami. Setiap kali saya, istri atau anak saya ulang tahun, maka kami pasti akan membeli cake buatan toko roti tersebut.
Selain itu, suasana toko dirancang cukup nyaman, dirancang dengan gaya interior modern. Layaknya sedang memasuki sebuah toko roti eksklusif di luar negeri namun menjual produk dengan harga terjangkau. Jelas ini melebihi ekspektasi kami.
Sebagai pelanggan setia, kami mendapatkan perlakukan istimewa. Para Pelayan paham bahwa kami bukan pelanggan biasa. Setiap kali berkunjung ke toko pusat bahkan para pelayan mengingat nama kami. Dan kami kadang mendapatkan potongan harga dan hadiah menarik untuk setiap kali kami melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Atau pada momen khusus, seperti ketika saya ulang tahun saya selalu mendapatkan kartu ucapan atau hadiah menarik.
Itu sebabnya, kami secara spontan bertepuk tangan ketika salah satu cabangnya dibuka dekat dengan kediaman saya. Karena produk dan layanan yang disediakan toko roti tersebut dekat dengan hati kami.
Jadi, apakah Anda sudah memberikan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan Anda? Dan membuat mereka bertepuk tangan untuk kehadiran Anda?
Salah
Coach Nyoman
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H