Akhir Februari lalu saya menerima pesan WA berisi undangan peluncuran buku 77 Cara bodoh berjualan di Gramedia Central Park . Pesan ini berasal dari Mas Danang Priyadi, seorang kawan yang memiliki multi peran, mulai dari penggiat literasi, aktif di komunitas dongeng "Kodong Kukuruyuk" dan serta juga memiliki peran lain sebagai seorang trainer bagi tim sales di Toko Buku Gramedia.
JIka seorang Mas Danang yang dari namanya saja memiliki makna "Datang Untuk Menang" menulis sebuah buku, sudah pasti bukunya bukan buku sembarangan. Saya meyakini apa yang ditulisnya sudah barang tentu sebagai sesuatu yang sangat berharga, yang mungkin selama ini merupakan  "rahasia" suksesnya dalam berjualan selama puluhan tahun.
Saya mengenal beliau pertama kali ketika saya mengadakan roadshow Gerakan  "Ayo Gemar Membaca", di beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Bekasi. Gerakan Ayo Gemar Membaca ini kebetulan mendapatkan dukungan dari Kompas Gramedia Group. Â
Saat berada di atas panggung, sosok Mas Danang  sangat memukau, ia mampu menghipnotis ratusan anak anak yang hadir untuk turut aktif berpartisipasi melalui "joke-joke" ringannya maupun kreatifitas lainnya. Pembawaannya yang bersahaja dan akrab, juga memiliki point tersendiri untuk menjadi seorang komunikator yang handal. Jadi tidaklah mengherankan jika Mas Danang menulis sebuah buku tentang cara sukses berjualan yang telah mendarah daging dalam dirinya.
Buku  77 Cara Bodoh Berjualan merupakan buku tentang penjulan yang sangat ringan dan gurih untuk terus dibaca. 77 tips yang ada didalamnya juga merupakan pengalaman nyata yang telah terbukti kehandalannya. Tips tipsnya mudah dilakukan oleh siapa saja, baik oleh newbie maupun oleh experienced sales person sekalipun. Buku ini sangat "khas" dengan kepribadian mas Danang yang menyenangkan, selalu tersenyum, humoris dan bersahaja. Saat membaca buku ini, anda dijamin  akan tersenyum sendiri, karena apa yang diceritakan buku ini memang suatu realita di alam nyata yang mungkin pernah kita alami sendiri.
Buku ini juga menyampaikan mengenai karakteristik ideal seorang tenaga penjual yang harus selalu memiliki mindset positif, optimis, mental melayani, adaptif, kreatif, memahami product knowledge/proses, cerdas emosi  dan juga humoris.
Melalui pengalamannya yang ditulisnya di buku ini, Â Mas Danang pantas menjadi "The King Of Active Selling", karena ia merupakan sosok yang selalu "Die Hard" (nggak ada matinya) dalam melihat segala sesuatu sebagai sebuah pulang penjualan dan juga mampu mengakhirinya dengan gemilang.
Saya berharap buku 77 Cara Bodoh Berjualan ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin berkecimpung di bidang penjualan, namun juga dapat menjadi "oase" penyegaran bagi para tenaga penjual yang saat ini mungkin telah  kehilangan spirit untuk menjual, melayani dan profesionalismenya.  Ayo Gemar membaca, bacalah buku 77  Cara Bodoh Berjualan ! (Coach Juli Nugroho -- penggerak literasi)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H