Mohon tunggu...
The Doctor
The Doctor Mohon Tunggu... Mahasiswa - IPB University

The Doctor IPB atau singkatan dari Dormitory Club Creator merupakan organisasi asrama IPB yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa PKU. Dormitory Club Creator terdiri dari 6 divisi yaitu (1) Tutor Sebaya, yang berfokus meningkatkan pemahaman di bidang akademik mahasiswa tingkat PKU; (2) Young Agricultural, yang berfokus pada pelatihan dan pemberian wawasan pertanian secara luas; (3) Jurnalistic and Media, yang berfokus pada pembinaan kepenulisan, fotografi, desain grafis, dan videografi; (4) Junior Enterprise Leader, yang berfokus pada pengembangan minat mahasiswa tingkat PKU terkait manajemen sebuah bisnis; (5) Art, yang berfokus pada pengembangan minat mahasiswa PKU di bidang seni; (6) Sport, yang berfokus pada penyaluran hobby di bidang olahraga mahasiswa PKU.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pelatihan Personal Branding Sebagai Strategi Awal Sukses di Kampus

25 November 2024   01:00 Diperbarui: 25 November 2024   01:02 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu, 9 November 2024 - Divisi Jurnalistik dan Media The Doctor 61 mengadakan pelatihan personal branding yang diselenggarakan di RK CCR 1.06 IPB University. Kegiatan berjalan seru dimulai pada pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.30 WIB. Pelatihan tersebut diikuti orang hampir seratus peserta yang meliputi anggota The Doctor dan mahasiswa PKU baik asrama maupun non asrama.

 Pelatihan kali ini berfokus pada pelatihan personal branding mahasiswa baru IPB University dengan mengangkat tema “Membangun Identitas dan Kredibilitas Melalui Visi Diri yang Jelas”. Dari tema tersebut diharapkan para peserta mampu membangun identitas diri dengan tujuan dan target yang jelas. Personal branding sendiri pun merupakan suatu hal yang diperlukan dalam dunia kuliah hingga dunia kerja.

 Kegiatan berlangsung seru dengan menghadirkan salah satu duta IPB Batch 10 yaitu kak Acylla Malsya Tiffanie mahasiswi IPB angkatan 59 jurusan proteksi tanaman. Kak Acylla sebagai pemateri memiliki segudang prestasi Putri OMDA Intelegensia 2023, Putri OMDA Favorite 2023, Master of Ceremony di berbagai acara, dan lain-lain. Dari prestasi-prestasi tersebut dapat terlihat bahwa kak Acylla memiliki personal branding yang baik. Para peserta pun terlihat sangat antusias dan bersemangat. Terbukti ketika sesi tanya jawab banyak dari peserta yang ingin bertanya kepada narasumber. Selain itu, para peserta bukan hanya diberi materi saja melainkan juga diminta untuk praktek langsung dengan membuat mind mapping berisi rencana apa yang diinginkan dalam membangun personal branding di media sosial kemudian beberapa orang mempresentasikan hasilnya di depan. Melalui praktek langsung peserta diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam membangun identitas diri di media sosial dan kredibilitas diri yang sejalan dengan karir Impian.

 Retno Sari selaku ketua pelaksana menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh panitia yang bertugas yang telah menyukseskan kegiatan pelatihan personal branding karena acara ini merupakan acara pertama yang diadakan oleh divisi Jurnalistik dan Media The Doctor 61 dan jumlah peserta yang hadir melebihi target yang telah ditetapkan. Selain itu, peserta juga memberikan feedback dan testimoni yang menyenangkan. Itu artinya para panitia sudah melakukan yang terbaik untuk keterlaksanaan pelatihan ini. Harapannya untuk kedepannya divisi Jurnalistik dan Media dapat mengadakan acara-acara yang lebih bermanfaat, lebih tertata, dan lebih baik lagi.

The Doctor 61
The Doctor 61

 Mahasiswa baru memiliki masa depan yang masih panjang. Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menjadi awal yang baik untuk kesuksesan mahasiswa terutama mahasiswa baru angkatan 61 IPB University serta dapat berkontribusi pada upaya realisasi dalam Sustainable Development Goals (SDG’s) terkhusus pada poin ke-4, yaitu Quality Education atau pendidikan berkualitas dan SDG’s poin ke-5 yaitu Gender Equality  atau kesetaraan gender dengan membantu  pemberdayaan perempuan sehingga mereka mampu membangun kepercayaan diri, berani tampil di depan umum, dan mempromosikan keterampilan mereka sehingga cita-cita Indonesia emas 2045 bisa terwujud.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun