Mohon tunggu...
Clint Perdana
Clint Perdana Mohon Tunggu... Penulis - Just an Ordinary Learner

Menulis sebagai media bertukar pikiran, diskusi dan dakwah modern di tengah luas namun sempitnya dunia ini, mari berbagi!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Memahami Peran Multidimensi Satpam di Sektor Perbankan

11 November 2023   11:04 Diperbarui: 13 November 2023   00:26 734
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan teliti dan tenang, Budi, seorang Satuan Pengamanan (satpam) Bank Mandiri menyesuaikan posisi ID card nya, memeriksa kamera keamanan, dan memberikan isyarat tangan yang terlatih kepada rekan timnya. 

Sambil mengamati aliran nasabah yang datang dan pergi, dia tidak hanya mengawasi, tetapi juga memberikan petunjuk kepada seorang ibu yang kelihatan kebingungan saat masuk ke hall kantor bank. Senyum, sapaan dan penjelasannya yang sangat ramah mencairkan kecemasan di wajah pelanggan, dan dengan segera, dia kembali ke posisinya dengan sikap waspada, siap untuk beralih dari pemandu layanan menjadi pelindung yang tangguh.

Satpam bank memegang peran yang sangat penting dalam industri perbankan. Dengan seragam yang rapi dan sikap yang profesional, satpam seperti di Bank Mandiri, BCA dan beberapa bank dengan layanan terbaik telah membuktikan bahwa mereka lebih dari sekadar penjaga keamanan. 

Mereka adalah duta layanan pelanggan, seringkali menjadi orang pertama yang dihadapi nasabah dan berpotensi menjadi bagian dari pengalaman pelanggan yang selalu diharapkan.

Kepiawaian mereka dalam berkomunikasi dan sikap ramah yang mereka pancarkan mencerminkan komitmen bank terhadap service excellence. Satpam bank ini juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk dan layanan bank, agar dapat membantu menjawab pertanyaan dasar pelanggan atau mengarahkan mereka ke petugas yang tepat, menambah nilai pada layanan yang diberikan bank.

Dalam praktiknya, menjadi satpam bank bukanlah tugas yang mudah. Mereka harus selalu waspada dan siap menghadapi situasi apapun, sambil mempertahankan sikap tenang dan ramah. 

Pelatihan yang mereka terima tidak hanya fokus pada aspek keamanan, tapi juga pada pengembangan keterampilan interpersonal dan pengetahuan produk bank. Ini adalah bukti bahwa pekerjaan mereka membutuhkan beragam skill dan pengetahuan yang luas.

Satpam bank, seperti yang kita temui di Bank Mandiri dan BCA, mengikuti program pelatihan yang komprehensif dan ketat, yang dirancang tidak hanya untuk mengasah keterampilan keamanan mereka, tetapi juga untuk membentuk keterampilan layanan pelanggan yang luar biasa. 

Pelatihan ini melibatkan berbagai modul, mulai dari pengelolaan konflik dan komunikasi yang efektif hingga teknik keramahan dan empati. Melalui simulasi interaksi dengan pelanggan dan role-playing, mereka dilatih untuk menangani berbagai situasi dengan sikap tenang dan profesional. 

Program ini juga menekankan pentingnya pengetahuan produk dan layanan bank agar mereka dapat membantu menjawab pertanyaan dasar pelanggan atau mengarahkan mereka ke staf yang tepat, sehingga meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun