Jika di breakdown lagi karakter user TikTok, beberapa action yang mereka lakukan adalah :Â
Kalau kita masuk ke trend kreatif TikTok, bisa dikatakan TikTok Trend di Luar negeri dan di Indonesia mempunya karakter yang berbeda-beda. Berikut beberapa sampel trend hashtag:
TikTok Trends di Luar :Â #chaoticenergy (achieve 538,2M views) dimana para creator membuat perpaduan video humour, relatability, dan interactivity yang bertemakan MEME situasi yang chaos bahasa kerennya chaotic energy.
TikTok Trends Indo : #bagaikanlangit (achieve 167,4M views) , dengan menggunakan sound Bagaikan Langit --- Potret dan efek Face Expression bisa menggaet netijen Indonesia bahkan sampai Netijen luar negeri sekelas Howie Mandel
Any Category : seperti Pet, Travel, Cook, Prank, Comedy, Freestyle Performance , Art dan hal kreatif yang lainnya (bisa kepoin di explore TikTok ya)
setelah mengenal konten yang menjadi trending di TikTok, mari kita eksplor kira-kira content apa yang cocok dan bisa menjadi Engaging Content bahkan menjadi "trendmark" / "viral" content Brand kita.
- ) Content yang kita produce tidak harus melulu hard-selling, tapi bagaimakan kita bisa menceritakan emotional brand kita secara fun dan informatif di konten tersebut
- ) Riding the trends , ini salah satu quick action agar audience bisa melihat kita dan terkesannya brand kita kekinian lho
- ) Utilize Button Function TikTok untuk membuat TikTok yang Unik seperti Love, Comment, Share , dan Profile
- ) Buat content yang mudah orang tiru, yang entertaining, yang ringan, mudah untuk dijadikan duet, dan relate ke user TikTok
- ) Tetap terus konsisten dan explor setiap content yang kita buat (trial and error) karena semua brand maupun content creator juga sedang explor ini jadi mumpung belum terlambat kan . hehehe
Untuk brand yang ingin melakukan Investment di TikTok adalah beberapa type of paid Partnership :
- Brand Hashtag Challenge : brand melakukan challenge dimana bisa membuat effect, memasukan lagu , dan ada beberapa bundling package lainnya contoh #KuotaAntiWasWas (smartfren hashtag Challenge)
- Brand Takeover :Â ini yang muncul di halaman depan
- Brand infeed video :Â ini yang suka muncul di explore kita
- Influencer Partnership : kolaborasi dengan SelebTikTok
Dan yang terakhir "how to measure" our content?
- in Apps Analytic :Â TikTok sudah menyediakan fitur Analytic yang bisa membaca Growth Views, Growth Followers, Profile Views & Profiling --- Behaviors Followers kamu
- Third Party Tools : ada beberapa tools yang free bisa kamu gunakan untuk measure konten kamu seperti https://socialblade.com/ dan https://analisa.io/
yuk saya mengajak brand owner & young content creator untuk berkarya yang positif dan edukatif di TikTok, sampai jumpa di #ceritabrand selanjutnya , See You