Bruner adalah salah satu tokoh teori belajar Kognitivisme. Teori belajar Bruner dikenal dengan sebutan discovery learning. Discovery learning yaitu dimana anak belajar melalui pengalamannya sendiri, berusaha untuk mencari pemecahan masalah sehingga menghasilkan pengetahuan yang meaningful bagi anak.
Dalam teori belajar Bruner ada 3 tahapan belajar yang dikenal dengan tahap enaktif, ikonik dan simbolik.
- Tahap Enaktif merupakan representasi berbasis tindakan. Pada tahap ini pengetahuan dipelajari secara aktif dengan berbuat atau belajar sambal melakukan (learning by doing). Peseta didik pada tahap ini melakukan observasi dengan menggunakan benda-benda yang konkret atau situasi nyata.
- Tahap ikonik merupakan tahap representasi berbasis gambar. Pada tahap ini pengetahuan dipresentasikan dalam bentuk bayangan visual, gambar, atau diagram yang menggambarkan kegiatan konkret atau situasi nyata yang terdapat pada tahap enaktif. Peserta didik pada tahap ini melakukan observasi terhadap suatu realitas, tidak dengan secara langsung mengalami tetapi cukup melakukannya melalui sumber-sumber sekunder seperti tulisan atau gambar-gambar.
- Tahap simbolik merupakan representasi berbasis Bahasa. Pada tahap ini pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol abstrak. Peserta didik pada tahap ini membuat abstraksi berupa teori-teori, penafsiran, analisis, dan sebagainya terhadap realitas yang telah diamati dan dialami.
Bagaimana ketiga tahapan tersebut diaplikasikan dalam pembelajaran? Memang secara umum kebanyakan teori Bruner diterapkan dalam pelajaran Matematik. Namun, bukan berarti tidak bisa diterapkan pada mata pelajaran lainnya. Berikut ini contoh penerapan 3 tahapan Bruner dalam mengajarkan peta pada pelajaran IPS.
1. Tahap enaktif
Pada tahap ini guru menyediakan penugasan untuk murid mengamati peta provinsi DKI Jakarta. Kemudian dalam pengamatan tersebut murid mengamati simbol dan keterangan yang mereka dapati. Kemudian murid ditugaskan untuk menemukan 2 simbol dan gambar pada sebuah kertas dengan diberikan warna.
2. Tahap Ikonik
Pada tahap ini murid-murid mendapatkan pengetahuan dari gambar-gambar atau simbol-simbol peta yang sudah mereka amati pada tahap enaktif. Mereka dapat mempresentasikan simbol-simbol tersebut dan menjelaskannya.
3. Tahap simbolik