METODE PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI
ANITA, MARYANTI, GISELA, THERESIA, MARIA, APLONIA, GETRUDIS.
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Weetebula.
ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini adalah tahap awal pendidikan bagi perkembangan anak. Pendidikan pada usia dini adalah pondasi awal anak mulai berkembang dan bereksplorasi. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran (kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan penilaian) di PAUD dan untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pengembangan fisik motorik AUD. Metode yang kami gunakan dalam obervasi ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa, guru mampu mengembangkan motorik kasar dan halus anak dengan berbagai metode. Metode yang digunakan adalah metode belajar sambil bermain, tanya jawab, dan bercerita.Â
Kata Kunci: metode pengembangan motorik kasar dan halus pada anak usia dini
PENDAHULUAN
Pendidikan anak usia dini adalah tahap awal pendidikan bagi perkembangan anak. Pendidikan pada usia dini adalah pondasi awal anak mulai berkembang dan bereksplorasi. Anak harus mendapatkan pendidikan pada masa dini, dimana pada masa ini anak sangat rentan sekali dengan lingkungan disekitar mereka. Pendidikan anak usia dini berfokus pada enam aspek perkembangan, diantaranya kognitif, Bahasa, fisik motorik, sosial emosional, nilai agama dan moral, dan seni. Dari keenam aspek tersebut, guru memperhatikan agar perkembangannya berjalan secara optimal sesuai umur dan karakter siswa. Menghadapi anak yang karakternya berbeda sangatlah tidak mudah. Maka guru harus memiliki metode, strategi, model, dan pendekatan yang harus digunakan untuk mengajar didalam kelas dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Salah satu aspek yang harus di kembang leh guru adalah fisik motorik anak, baik motorik kasar maupun motorik halus.
PEMBAHASAN
Kondisi Fisik Sekolah
Paud Wanno Lobo didirikan pada tanggal 14 april 2016. Alamat Wee Pangali, Desa Wee Pangali, Kecamatan Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jumlah siswa 16 orang, jumlah rungan yang ada di paud wanno lobo ada 3 dengan pembagiannya diantaranya: 1 ruangan kepala sekolah dan 2 ruangan kelas siswa yaitu kelas A dan B. Jumlah guru di Paud tersebut 3 guru, satu pengelolah dan dua guru pengajar. Guru menggunakan media yang sudah ada dikelas seperti media, balok dan lain sebagainyaÂ