Mohon tunggu...
Citry Calista Punye
Citry Calista Punye Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Observasi Model Pembelajaran di PAUD

19 Desember 2024   10:35 Diperbarui: 19 Desember 2024   10:35 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Artikel 

 salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam PAUD 

DISUSUN OLEH : 

Anjelia Nada Almas 

Rosalia Ngongo

Derini Rambu Sedu Dowi 

Maria Febriani Yosie Rowa

Veronika Wee Dolo

Elisabet Fitria Bolu

Grasela Carmelia Kalumbang 

Citri Calista Punye 

Sovia Diana Pote 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

UNIVERSITAS KATOLIK WETEBULA

Artikel model pembelaran kelompok pada anak usia dini 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru pendidik anak usia dini terhadap pengembangan anak di Ra As-Syams dan paud King Kids. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi secara langsung dan wawancara guru. Partisipan penelitian terdiri dari kelas A dan B yang terbagi menjadi dua kelompok, di Ra As-Syams kelompok slime dan sedotan warna, paud King Kids mewarnai sketsa dan potongan kertas berwarna. sementara sesuai hasil observasi perbedaan ke dua sekolah adalah di Ra As-Syams guru terlibat aktif dalam kegiatan bermain anak, lain halnya dengan guru paud King Kids tidak ikut terlibat dalam kegiatan bermain anak, sehingga ada perubahan yang signifikan dari ke dua sekolah dimana anak terbiasa melakukan kegiatan bermain dengan guru dan tanpa bimbingan guru. Hasil observasi ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kelompok efektif dalam merangsang perkembangan berbagai aspek perkembangan anak .

Kata kunci: model pembelajaran, kegiatan anak.

Pendahuluan 

 Model pembelajaran kelompok merupakan model yang sangat efektif dalam merangsang perkembangan berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Model kelompok adalah model yang akan diterapkan dengan membagi anak-anak dalam beberapa kelompok. Anak usia dini merupakan kelompok yang harus diberikan stimulus sehingga perkembangan anak berkembang secara optimal.Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kelompok pada pendidikan anak usia dini, berperan penting dalam membantu meningkatkan ke-6 aspek perkembangan anak. 

Model pembelajaran yang digunakan pada ke dua sekolah adalah model pembelajaran kelompok, dengan membagi anak dalam beberapa kelompok dan melakukan kegiatan bermain yang berbeda. dari dua sekolah pendidikan anak usia dini dipilih sebagai partisipan penelitian.

Hasil 

Hasil observasi membuktikan bahwa model pembelajaran kelompok dapat meningkatkan dan merangsang perkembangan ke-6 aspek anak usia dini. Degan kegiatan yang berbeda- beda sehingga anak tidak bosan dengan kegiatan setiap hari. 

 Kesimpulan

Model pembelajaran kelompok memiliki peran penting dalam meningkatkan ke-6 aspek perkembangan anak usia dini. Hasil observasi menunjukkan bahwa pentingnya menstimusi kerja sama antara setiap anak, melalui berbagai kegiatan yang membantu meningkatkan prekembangan dari berbagai aspek, sehingga anak-anak tidak mengalami gagal perkembangan fisik seperti kaku dan lain sebagainya yang juga akan berpengaruh pada perkembangan kognitif dan juga tidak menutup kemungkinan aspek lainnya juga akan mengalami kegagalan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun