Pembuatan konten yang efektif di era digital saat ini membutuhkan perencanaan yang matang dan kolaborasi yang erat antara berbagai pihak, termasuk mentor dan tim media sosial. Sama seperti perusahaan lain di Radio juga pastinya memiliki strategi pembuatan konten serta inovasi konten tersendiri yang dapat menghasilkan hasil yang optimal jika dilakukan dengan cara yang sistematis dan berkelanjutan. Untuk mendapat hasil tersebut berikut beberapa cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas konten yang telah dilakukan oleh salah satu mahasiswi magang dari Unesa di Radio Surabaya yaitu terdiri dari beberapa tahapan : analisis konten, brainstorming, pelatihan dan feedback, serta evaluasi konten.
- Analisis KontenÂ
Analisis konten merupakan tahap awal perencanaan konten yang melibatkan mentor, dan senior dalam menganalisis konten yang sudah ada sebelumnya. Di sini, tim akan mengevaluasi konten yang telah dipublikasikan, menganalisis hal apa yang harus diperhatikan dalam membuat konten, target audiens dan tujuan yang ingin dicapai. Analisis ini melibatkan diskusi dan data terkait info konten, topik konten, performa konten seperti engagement rate, jumlah likes, komentar, serta efektivitas pesan yang disampaikan. Dari hasil analisis ini, tim bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai kekuatan dan kelemahan konten yang telah dipublikasikan sebelumnya. Sehingga, setiap kesalahan atau celah dapat diperbaiki untuk konten berikutnya. - Brainstorming KontenÂ
Pada tahap ini, tim akan diberi kesempatan menggali berbagai ide untuk mencari topik yang relevan dan konten yang menarik bagi audiens. Setiap anggota tim berperan aktif memberikan ide segar dan inovatif, sambil mempertimbangkan kebutuhan audiens serta tujuan yang ingin dicapai oleh akun media sosial tersebut. Hal ini sangat penting agar konten yang dihasilkan tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga mampu memberi dampak yang positif bagi audiens. Melalui proses brainstorming ini, tim dapat menyaring ide-ide terbaik yang akan dibawa ke tahap berikutnya dan didiskusikan dengan mentor juga senior agar saling mendapat insight baru untuk konten yang akan dibuat. Di akhir meeting akan diberikan feedback terkait konten yang dibahas maupun kinerja dengan ide-ide yang sudah dikemukakan. - Pelatihan Editing Konten sesuai formatÂ
Pelatihan kepada tim ini sangat penting dalam proses pembuatan konten juga mengelola konten dimana akan mengedit hasil konten sesuai format yang digunakan di media sosial radio. Mentor akan memberikan pelatihan teknis sederhana untuk mengenalkan cara mengelola konten sesuai format yang diberikan serta tanya jawab dan feedback mengenai pembuatan konten yang menarik, pemahaman algoritma yang berlaku di masing-masing platform. Sebuah konten yang baik tidak hanya harus menarik secara visual, tetapi juga harus memiliki kualitas teknis yang memadai agar dapat menjangkau audiens dengan maksimal. Setelah itu, mentor akan memberikan feedback terhadap hasil kerja yang telah dibuat, untuk memastikan bahwa konten yang diproduksi mencapai standar yang diinginkan. Feedback yang konstruktif ini akan membantu tim konten memahami area-area yang perlu diperbaiki, serta memberikan arah yang jelas untuk pengembangan konten lebih lanjut. - Evaluasi Konten
Tahap terakhir adalah evaluasi konten. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengetahui sejauh mana konten yang telah dipublikasikan berhasil menarik perhatian audiens dan mencapai tujuan yang diinginkan. Evaluasi ini juga akan mencakup penilaian terhadap efektivitas strategi yang diterapkan, dan dapat digunakan untuk membuat perbaikan serta penyesuaian dalam pembuatan konten di masa mendatang. Dengan adanya evaluasi yang menyeluruh, tim konten dapat mengidentifikasi tren audiens yang berkembang, memahami preferensi mereka, dan menerapkan pembelajaran tersebut ke konten berikutnya untuk memastikan hasil yang lebih baik.
Inovasi Konten dan Program Folkspop
Salah satu inovasi yang dibuat untuk salah satu media sosial radio dalah Pembuatan konten olahraga basket yang bentuk kontennya berupa reels instagram dimana slide atas shoot highlight pertandingan basket dan slide bawah penyiar yang sedang menginterview pemain dari slide atas menjadi satu frame. Inovasi ini dibuat agar audience tidak bosan dengan tampilan umum konten yang hanya menginterview serta membuat orang  yang tidak terlalu mengerti basket menjadi tahu apa yang dimaksud dalam interviewnya bisa melihat gambarannya pada shoot tersebut. Dengan demikian dengan memberi shoot highlight pemain dapat membuat konten lebih fresh dan dipahami banyak orang sehingga hal ini dapat memanggil perhatian orang lain untuk like, share, dan komen postingan tersebut.Â
Adapun inovasi program yang menarik dalam pembuatan konten Instagram Radio yaitu program Folkspop. Program ini merupakan inovasi konten yang mengajak interaksi dengan stranger (orang asing) di tempat umum untuk diinterview dengan konten yang telah ditentukan dikalangan anak sekolah dan kuliah. Konten ini dibuat untuk menciptakan pengalaman yang unik dengan stranger atau orang asing di tempat umum untuk berpartisipasi dalam wawancara atau challenge. Sehingga hal ini tidak hanya memberikan konten yang segar dan berbeda, tetapi juga membangun koneksi emosional yang lebih kuat antara audiens dengan brand atau platform. Dengan melibatkan audiens secara langsung, Folkspop berusaha menciptakan ikatan yang lebih personal, memberikan nuansa keterbukaan dan keterlibatan yang lebih dalam, serta membuka ruang untuk interaksi yang lebih spontan dan natural.Â
Pentingnya Inovasi dalam Pembuatan Konten
Inovasi dalam konten sangat penting untuk menjaga keberagaman dan ketertarikan audiens terhadap akun media sosial. Inovasi konten dan program yang dilakukan dengan kreatif tidak hanya membuat konten menjadi lebih menarik, tetapi juga mampu memperkenalkan hal-hal baru yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Kolaborasi antara mentor dan tim media sosial sangat penting dalam menciptakan inovasi ini, sehingga setiap ide yang dihasilkan tidak hanya segar, tetapi juga memiliki nilai tambah yang signifikan bagi audiens. Inovasi ini menciptakan ruang bagi eksperimen yang mendorong konten lebih jauh lagi, dengan menciptakan cara-cara baru untuk menghubungkan audiens dengan brand atau platform.
Strategi pembuatan konten yang melibatkan kolaborasi antara mentor dan tim media sosial adalah pendekatan yang efektif untuk memastikan konten yang diproduksi berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan audiens. Dengan adanya tahapan brainstorming, analisis, pelatihan, feedback, dan evaluasi, proses pembuatan konten dapat berlangsung secara terstruktur dan terarah. Selain itu, inovasi konten seperti eksperimen program Folkspop dan event juga memberikan dimensi baru dalam pembuatan konten yang tidak hanya menarik tetapi juga membangun hubungan lebih dekat dengan audiens. Kolaborasi dan inovasi yang berkesinambungan memungkinkan tim untuk terus berkembang, menciptakan konten yang lebih segar dan relevan bagi audiens, serta mencapai tujuan yang lebih besar dalam dunia sosial media yang sangat dinamis.
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI