Mohon tunggu...
Citra Rahmayani
Citra Rahmayani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 7 Palu

"Seorang pendidik yang ingin menambah ilmu demi anak bangsa"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual "Gambaran Diri Sebagai Guru Penggerak di Masa Depan"

8 September 2023   19:43 Diperbarui: 9 September 2023   11:15 1375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada modul 1.2 ini, CGP diintruksikan untuk menceritakan bagaimana gambaran dirinya dimasa depan, setelah para calon guru penggerak mengikuti rangkaian program pendidikan guru penggerak, sesuai dengan Tujuan Pembelajaran.

Berikut ini gambaran diri saya setelah tiga tahun kedepan :

  • Saya adalah seorang lulusan program guru penggerak yang memiliki dedikasi yang tinggi dalam mewujudkan peserta didik yang mandiri, bernalar kritis,kreatif serta berkualitas dengan menerapkan pendidikan yang berpihak terhadap murid.
  • Saya merupakan guru penggerak yang lulus dengan hasil yang baik untuk menjalankan peran guru penggerak secara maksimal hingga terwujud pelajar pancasila
  • Saya adalah lulusan guru penggerak yang siap bergerak dan menggerakkan rekan-rekan guru dalam berkolaborasi untuk lebih maju dalam pembelajaran hingga menjadi seorang yang profesional dalam pembelajaran
  • Saya lulusan guru penggerak yang akan selalu menjadi model baik bagi peserta didik dalam proses mengembangkan karakternya
  • Saya adalah lulusan guru penggerak yang akan senantiasa menjadikan pendidikan lebih berkualitas, agar setiap anak mencapai kodratnya hingga siap menjadi manusia yang sesungguhnya dan masyarakat.
  • Saya adalah lulusan program guru penggerak dengan dedikasi yang tinggi menjadikan peserta didik seorang yang sukses dengan pilihan masa depannya tentunya dengan profil pelajar pancasila.

Nilai-nilai guru penggerak yang saya kuasai di 3 tahun mendatang adalah ;

  • Mandiri

Menjadi seorang guru penggerak yang memiliki rasa sabar, ikhlas, bertanggung jawab serta kesadaran diri terhadap lingkungan, yakin terhadap diri sendiri bahwa saya mampu dalam memberikan perubahan dalam dunia pendidikan. Bertanggung jawab pada setiap tugas yang diberikan, menginspirasi serta inovatif dalam setiap pekerjaan yang ditugaskan oleh atasan sehingga siap dalam menghadapi setiap perubahan. Sabar dalam mengahadapi setiap permasalahan  dan ikhlas memberikan pendidikan atau pembimbingan terhadap peserta didik.

  •  Reflektif

Memiliki fikiran yang bermakna yang didasari dengan alasan dan tujuan, memiliki evaluasi diri baik serta menjadikan evaluasi tersebut dijadikan pembelajaran kedepannya agar menjadi tolak ukur dalam memperbaiki kualitas diri dikemudian hari. Seperti melakukan jurnal kegiatan harian setiap kali setelah selesai melakukan layanan terhadap murid yang mengalami permasalahan dalam proses belajarnya, menganalisis setiap alasan dibalik permasalahan yang dialami murid dengan berkolaboratif dengan rekan sejawat, menjalin informasi dengan kepala sekolah disetiap kegiatan pelayanan murid sehingga bisa menemukan solusi secara bersama-sama demi masa depan anak.

  • Kolaboratif

1. Pengalaman dalam pembimbingan sesama rekan guru dalam penggunaan program komputer sebagai alat atau metode terbaru dalam proses pembelajaran dikelas

2. Menjadi pembimbing dalam mengaplikasikan sistem eraport bekerjasama dengan guru TIK

3. Menjadi pemimpin dalam konferensi kasus murid yang mengalami masalah disekolah berkolaborasi dengan, kepala sekolah, wakasek sekolah,dan orang tua murid.

  • Inovatif

Untuk mejadi seorang guru penggerak yang profesional saya harus menanamkan sikap perubahan, dimana selalu siap dalam memberikan inovasi-inovasi terbaru kepada murid, memberikan contoh pada sesuatu hal yang dapat menimbulkan kesadaran diri pada murid seperti yang terjadi disekolah saya, sebagian besar murid kurang kesadaran terhadap kebersihan lingkungan dimana saat mereka melihat sampah yang berserakkan sama sekali tidak ada niat untuk memungutnya dan membuangnya ketempat sampah bahkan mereka sendiri menyimpan bekas minum plastiknya disembarang tempat sehingga membuat lingkungan sekolah sangat jauh dari kata indah, dalam mengurangi kebiasaan ini saya mempraktekkan langsung saat setelah selesai minum air mineral botol plastiknya diletakkan langsung kedalam tempat sampah yang disediakan.

  • Berpihak pada murid

Memaksimalkan bimbingan dalam memberikan pembinaan kepada murid, menuntun mereka untuk mengembangkan potensi serta karakternya menjadi fasilitator bagi mereka agar bisa menjadi pribadi yang baik sesuai dengan profil pelajar pancasila yang memiliki akhlak mulia serta berbudi pekerti luhur.

Terimakasih telah menyimak, salam bahagia untuk bapak/ibu guru

asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun