Mohon tunggu...
Citra Orba Ervina
Citra Orba Ervina Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

citra

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Sakit

10 November 2023   11:07 Diperbarui: 10 November 2023   11:08 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Listrik padam dan malam terasa dingin dan tanpa bulan. Keheningan terjadi; hanya isak tangis anak-anak dan peluit peluru yang ditembakkan ke segala arah yang berani menandainya.Malaikat Maut telah memutuskan untuk tinggal di kota kami untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.Sepertinya dia baru saja mulai membuat dirinya nyaman di antara kami. Kami menyalakan beberapa lilin dan membentuk lingkaran di sekelilingnya. Mata kami terpaku pada cahaya redupnya.Itu adalah satu-satunya hal yang kami rasa dapat kami peroleh dari rasa aman dan kami mengisapnya seperti bayi yang tidak disapih.Saya tidak mengerti bagaimana beberapa orang berhasil tertidur mengetahui bahwa mereka mungkin tidak akan bangun lagi di pagi hari.Saya menyalakan radio portabel saya, yang telah melihat hari-hari yang lebih baik, dan dengan lembut, mulai memutar kenop penyetelan dengan harapan menerima sinyal, lebih disukai sinyal yang dikirim Tuhan dan menguntungkan.

Namun, saya tidak boleh pilih-pilih, karena radio lama saya hampir tidak dalam suasana hati yang kooperatif.Jeritan mengerikan yang dipancarkannya memberi tahu saya bahwa, setidaknya, masalahnya tidak terletak pada kenyataan bahwa baterainya telah habis.Terlepas dari itu, kenyataannya adalah bahwa saya tidak dapat mengandalkannya untuk menemani saya sepanjang malam yang hitam dan menyedihkan itu. Tiba-tiba, rentetan tembakan terdengar dan saya merasakan gelombang kepanikan.Saya menarik selimut menutupi kepalaku dan berbaring untuk mencoba memejamkan mata. Saya harus melarikan diri dari kenyataan sadar apa pun yang terjadi.Namun, saya tidak dapat menahan pikiran bahwa saya terlihat seperti mumi di peti matinya dan takut bahwa saya mungkin benar-benar berubah menjadi mumi jika saya tertidur dengan gambar itu di pikiran saya.

Saya bisa mendengar angin bertiup dan pasir yang diseretnya berhamburan ke jendela. Kemudian, badai mengamuk pecah dan hujan deras mulai turun. Ayah saya masih belum pulang ke rumah dan saya khawatir sakit. Dia telah pergi menggembalakan domba beberapa jam yang lalu. Tiba-tiba, saya mendengar suara domba yang mengembik. Saya ingin berdiri dan membuka pintu, tetapi kemudian saya menyadari bahwa saya benar-benar berhasil hanyut ke tanah Nod dan bahwa saya harus mencekik naluri bertahan hidup saya untuk melakukan perjalanan kembali ke dimensi realitas yang keras di mana saya tidak melakukannya. Tidak melakukan kontrol apa pun. Butuh waktu dan usaha, tetapi saya berhasil, dan segera setelah saya membuka mata, saya menjentikkan korek api saya untuk mencari penghalang di jalan saya dan bergegas ke pintu. Ayah saya berdiri di sisi lain. Dia basah kuyup dan gemetar. Saya mengantarnya masuk dan menawarkan sesuatu untuk dimakan. Roda api korek api saya menjadi terlalu panas untuk dipegang dan saya harus berpindah tangan untuk menghindari ibu jari saya terbakar.

Setelah beberapa saat, saya menyarankan agar kami naik ke lantai dua rumah untuk meningkatkan visibilitas kami di medan perang dan mempersiapkan diri untuk apa yang ada di depan, tetapi dia menolak gagasan ini dengan menggelengkan kepalanya. Sebaliknya, dia memberi isyarat agar saya melangkah keluar rumah. Aku menurut, tapi bukan tanpa ragu. Saya membuka pintu sekali lagi, dan yang mengejutkan, saya melihat bahwa domba-domba itu semua sudah pergi.

Kehancuran nakal yang ditimbulkan oleh perang telah menakuti mereka dan mendorong mereka untuk lari menyelamatkan diri. Seekor domba terjebak di kawat berduri dan mengembik di bagian atas paru-parunya. Saya kemudian berbalik untuk melihat ayah saya dan melihat bahwa dia telah terkena peluru dan terbaring mati di tanah. "Setidaknya sekarang dia telah mencapai Surga," pikir saya. "Dia tidak perlu lari lagi." Saya bersandar di pohon palem terdekat dan mulai menangis; Saya dikelilingi oleh mayat. Saya mencoba mengingat siapa yang melepaskan tembakan pertama, tetapi yang muncul di benak saya hanyalah bayangan matahari yang menyilaukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun